Vaksin Tiba, Ini Jadwal Vaksinasi Covid Perdana di Kepulauan Aru

by
1.760 dosis vaksin Covid Sinovac tiba di Bandara Rar Gwamar Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru, Selasa (26/1/2021). FOTO : HUMAS PEMKAB ARU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 1.760 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Kabupaten Kepulauan Aru telah tiba di Dobo, Selasa (26/1/2021) pagi melalui Bandara Rar Gwamar Dobo.

Kedatangan vaksin covid sinovac ini dijemput langsung Bupati Johan Gonga dan Wabup Aru, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Sugeng Kundarwanto, Danlanal Aru Letkol Laut (P), Qoirur Roziqin, Kejaksaan Negeri (Kajari) Aru Andi Panca Sakti, Sekda Aru Moh. Djumpa, Kadis Kesehatan Kepulauan Aru Y.E.O Uniplaita.

Saat ini vaksin disimpan di Cold Chain (Rantai Dingin) pada Instalasi Farmasi Aru yang berlokasi di samping depan RSUD cenderawasih di Kota dobo, ibukota Kepulauan Aru.

Bupati Aru, Johan Gonga beserta Fotkopimda dan juga Kadis Kesehatan Kepulauan Aru Y.E.O Uniplaita saat penjemputan kedatangan Vaksin Covid Sinovac di Bandara Rar Gwamar Dobo, Selasa (26/1/2021) pagi. FOTO : HUMS PEMKAB ARU

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Aru, Yunita O. Uniplaitta mengatakan setelah vaksin tiba, Rabu 27 Januari besok Kepulauan Aru akan memulai vaksinasi yang ditandai dengan Vaksinasi Perdana bagi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Besok (Rabu 27 Januari) untuk forkopimda vaksinasi perdana,”tuturnya kepada terasmaluku.com via seluler, Selasa (26/1/2021) siang.

BACA JUGA : Beredar Foto Bayi Korban Vaksinasi Covid, Ini Faktanya

Dipastikannya, saat Vaksinasi Perdana Rabu besok, Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga akan menjadi orang pertama yang divaksinasi. “Iya Pak Bupati (yang pertama), beliau memenuhi kriteria kalau dari segi usia,”sambungnya.

Setelah vaksinasi perdana untuk forkopimda, akan langsung diikuti dengan vaksinasi bagi Tenaga Kesehatan (nakes). “Setelah perdana, baru susun strategi untuk puskesmas-puskesmas lakukan persiapan vaksinasi,”imbuhnya.

BACA JUGA : Akhir Pekan Kabupaten Buru Launching Vaksinasi Covid, Ini Orang Pertama Yang Akan Divaksin

BACA JUGA : Rabu Besok SBB Vaksinasi Covid-19 Perdana

Untuk Kepulauan Aru sendiri lanjut dia, jumlah nakes yang akan divaksinasi sebanyak 834 orang dengan jumlah Fasilityas Layanan Kesehatan (fasyankes) yang disiapkan untuk melakukan vaksinasi sebanyak 26 fasyankes. “Tim vaksinator setiap fasyankes yang disiapkan juga sudah ada,”tandasnya. (Ruzady)