Vaksinasi Covid Dimulai, Masyarakat Dihimbau Tetap Terapkan Prokes

by
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Vaksinasi Covid-19 gelombang pertama periode Januari-April 2021 telah berjalan di Indonesia sejak Rabu 13 Januari dan untuk Maluku akan dimulai besok, Jumat 15 Januari 2021.

Meskipun saat ini sudah masuk fase vaksinasi, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku tetap menghimbau masyarakat di Maluku untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terutama memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan serta menerapkan pola hidup sehat.

Loading…

“Protokol Kesehatan tetap berjalan. Jadi selama fase vaksinasi ini tidak berarti masyarakat meninggalkan protokol kesehatan. Tetap berjalan tidak boleh diabaikan,”pesannya saat diwawancarai terasmaluku.com, Kamis (14/1/2021).

Dijelaskannya, pentingnya protokol kesehatan diterapkan meski vaksinasi telah berjalan, pembentukan antibodi juga membutuhkan waktu pasca disuntik vaksin.

“Karena vaksinasi ini kan proses jangka panjang, berbulan. Hari ini suntik tidak berarti langsung terbentuk antibodi, dia berbulan. Jadi masyarakat mesti waspada memakai masker, jaga jarak. 3M itu harus tetap berjalan,”tandasnya. (Ruzady)