Vaksinasi Gratis Masih Dibuka Sampai 31 Mei di Tribun Lapangan Merdeka

by
Vaksinasi massal di tribun lapangan merdeka masih dibuka kepada warga kota hingga 31 Mei 2021, (23/5). FOTO: Priska Birahy

 TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Dinas Kesehatan Kota Ambon masih membuka pos vaksinasi massal kepada warga di tribun Lapangan Merdeka (Lapmer) Ambon. Layanan gratis ini berlaku hingga batas 31 Mei 2021.

Warga yang belum mendapat vaksin atau yang ingin melanjutkan vaksin tahap kedua, dapat memanfaatkan layanan oleh Pemkot Ambon ini.

“Katong bikin vaksinasi massal ini supaya warga yang belum vaksin bisa datang dan diharapkan secara sadar dan sukarela,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota, dr. Wendy Pelupessy kepada wartawan saat ditemui di tribun Lapmer Ambon, Minggu (23/5/2021) siang.

Vaksinasi massal ini telah dibuka pada 19 Mei hingga 31 Mei mendatang. Terhitung ada 1.049 warga yang telah vaksinasi selama empat (4) hari.

Mereka berasal dari berbagai kalangan masyarakat. dari mulai pedagang, pengayuh becak, ibu rumah tangga, sopir truk, pengendara ojek online, hingga pegawai retoran dan café.

Wendy menyatakan pihaknya berupaya agar lebih banyak masyarakat yang menerima vaksin. “Kalau banyak yang sudah divaksin bisa tercipta herd immunity. Katong harapakan juga kerjasama satgas untuk membantu ini. Hari ini sudah sekitar 50 orang yang datang buat vaksin,” lanjut dia.

Vaksinasi massal, tambah Wendy dinilai jauh lebih evektif dibandingkan dengan di puskesmas. Sekali pemakaian vial vaksin berlaku untuk 8 hingga 10 orang. jika yang datang di puskesmas tak sampai jumlah tersebut, maka vial tidak dapat dibuka.

Berbeda dengan vaksinasi massal. Jumlah warga yang datang jauh lebih banyak sehingga memudahkan petugas kesehatan dalam membuka vial vaksin.

“Warga kota yang belum vaksin dapat datang ke tribun lapmer sampai dengan tanggal 31 Mei,” tandasnya. (PRISKA BIRAHY)