Vaksinasi Tahap Pertama 14 Januari, 3.762 Orang Bersiap Disuntik

by
Sumber: detiknews.com

TERASMALUKU.COM,AMBON – 3.762 warga Kota Ambon bersiap menerima vaksin corona virus 2019. Penyuntikan vaksin dibagi ke dalam empat tahap. Tahap pertama, pemberian vaksin ini akan dimulai pada 14 Januari mendatang.

Sasaran penerima adalah para tenaga kesehatan para pegawai kantor pemerintah, PLN, Telkom, TNI-Polri. Kepada awak media, Walikota Ambon Richard Louhenapessy menjelaskan siapa saja yang akan disuntik vaksin tahap pertama.

“3.762 orang ini masuk kedalam kategori, Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDM-Kes),”terang Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan, di Lantai dua, Gedung Balai Kota, Selasa (5/1) kemarin.

Tahap pertama dan kedua akan dimulai pada 14 Januari 2021 hingga April 2021. Sementara tahap kedua dimulai pada April hingga Mei 2021. Total penerima dosis vaksin di Kota Ambon ada 3.762. “Nanti tahap kedua ini baru kita sasar kepada para pegawai kantor pemerintah, PLN, Telkom, TNI-Polri,” lanjut dia.

Di lain sisi pemberian vaksin pun butuh kesiapan tempat. Tenaga medis yang akan menyuntikkan dosis vaksin kepada calon penerima harus berada di ruangan yang steril dan sesuai standar yang ditetapkan kementerian. Untuk itu, kata Richard pihaknya tengah melakukan survei tempat atau fasilitas kesehatan.

Dia menambahkan pemkot juga telah menyiapkan dokter ahli saat proses vaksinasi. Tujuannya untuk mengevaluasi dan mencegah ada peluang kemungkinan buruk yang timbul.

“Kita juga sudah siapkan dokter ahli, untuk memantau perkembangan usai vaksinasi. SDM-Kes yang di Vaksin juga akan dipantau satu kali 24 jam,” kata walikota dua periode itu. Richard optimis vaksinasi tersebut dapat berjalan lancar. (PRISKA BIRAHY)