Verifikasi Berkas 4.492 Pelamar Rebutkan 50 Posisi di Kemenkumham Maluku

by
Kakanwil Kemenkumham Provinsi Maluku, Tholib, menyebut verifikasi berkas dan tes tinggi badan berlangsung dari 22 hingga 25 Oktober di Islamic Center Ambon. FOTO: PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Proses seleksi berkas CPNS 2018 dimulai Senin (22/10/2018). Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham) Kanwil Provinsi Maluku merupakan yang pertama memulai pemberkasan. verifikasi berkas diikuti sebanyak 4.000 lebih pelamar di Islamic Center Ambon, Senin pagi.

Ada ratusan CPNS yang datang untuk melengkapi tahapan seleksi pegawai negeri sipil itu. Total CPNS yang ikut verifikasi itu ada sebanyak 4.492 pelamar. Mereka merupakan CPNS yang terpilih dan lolos dari total 5.496 yang mendaftar.

Berbekal kartu identitas, akta kelahiran dan berkas-berkas asli lainnya, mereka mendatangi lokasi tersebut. Tak hanya itu mereka pun wajib mengikuti pengukuran tinggi badan. Itu sebagai salah satu syarat terdaftar sebagai pegawai di lingkungan Kemenkumham.

Proses seleksi ini bakal berjalan selama beberapa hari kedepan. Hal itu mengingat banyakanya calon pelamar dan SDM yang bertugas melayani calon pelamar di Islamic Center Ambon. “Verfikasi berkasnya berjalan empat hari. Pelamar yang lolos tahap awal bisa langsung ke sini,” jelas Kakanwil Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Maluku, Tholib, Senin (22/10/2018).

Dia merinci verifikasi dan tes tinggi badan berlangsung dari 22 hingga 25 Oktober di Islamic Center Ambon. Pelamar diharapkan melengkapi dan membawa serta berkas-berkas asli yang wajib. Mereka pun wajib berpakaian rapih, kemeja putih dan celana hitam panjang non-jins.

loading...

Tholib menambahakan para pelamar ini merupakan yang beruntung. Sebab ada 1.004 orang yang dinyatakan tidak lolos seleksi. Nantinya mereka yang lolos ini, mengikuti tiap tahapan hingga akhir untuk mendapatkan kesempatan bekerja di Kemenkumham.

Hanya saja, jumlah posisi yang kosong tak sebandaing dengan pelamar. “Yang dibutuhkan hanya 50 orang di tiga rutan yang ada di Maluku. Yakni cabang rutan Banda, Wahai dan Geser,” Tholib merinci.

Untuk dia dia berharap para pendaftar yang lolos bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan dengan baik. Khususnya untuk seleksi kemampuan dasar serta kemampuan menggunakan komputer. Pasalnya pertanyaan pada seleksi selenjutnya memakai sistem komputerisasi. Bahkan hasil dari tiap bidang langsung terlihat real time. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *