Vivian Segera Dilantik Jadi Anggota DPRD Maluku

by
Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM, -AMBON – DPRD Maluku dalam waktu dekat akan menggelar penempatan waktu Anggota DPRD Maluku untuk Moreen Vivian periode 2019-2023 sesuai Suar Keputusan Menteri dalam Negeri (Mendagri) No 161.81-445 tahun 2021 tentang PAW Anggota DPRD Maluku (alm) Usama Namakule dari partai Perindo.

“Kami telah menerima dua buah surat, surat pertama itu adalah No 161.81 / 1587 / OTDA dari kementerian dalam negeri (Mendagri). Dialamatkan kepada DPRD Maluku. Dengan perihal keputusan Mendagri,” kata Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury kepada wartawan di DPRD Maluku Selasa, (23/3/2021).

Lucky Wattimury mengatakan ada dua hal yang di sampaikan dalam surat tersebut. Pertama melaksanakan sumpah janji terhadap Maureen Vivian sebagai anggota DPRD Maluku sesuai ketentuan undang undangan. Kedua DPRD Maluku akan menyampaikan laporan kepada Kemendagri melalui dirjen OTDA untuk proses pelaksanaan sumpah dan janji.

“Jadi keputusan Mendagrinya itu No 161.81-445 tahun 2021 tentang PAW anggota DPRD Maluku dari Partai Perindo,” katanya.

Dia mengatakan untuk surat kedua penyampaian informasi yang berhubungan dengan keputusan Mendagri tentang SK antar waktu. Itu berarti secara resmi menetapkan keputusannya yang mengangkat PAW dari partai Perindo sesuai dengan ketentuan dan peraturan serta peraturan tata tertib (tatib) DPRD.

“Nanti kami segera mengatur pengambilan  sumpah dan janji jabatan. Sumpah dan janji jabatan tersebut akan dilakukan dalam waktu singkat ini. Disitulah baru  berita acaranya kita sampaikan ke Kemendagri lagi, ” ujar Lucky Wattimury.

Di tempat yang sama Sekwan DPRD Maluku Bodewin Wattimena mengungkapkan, PAW terhadap kader partai Perindo Maureen Vivian mengantikan Almarhum Usama Namakule menunggu Rapat Bamus DPRD. Lanjut Bodewin Wattimena rapat Bamus itu untuk menentukan rapat paripurna pengambilan sumpah dan janji terhadap Maureen Vivian.

“Nanti Bamus rapat dan putuskan waktu untuk paripurna pengucapan sumpah dan janji, karena masih sebagian anggota DPRD yang saat ini lagi sementara pengawasan ke daerah daerah,” kata Bodewin Wattimena.

Usama Namakule Aggota DPRD Dapil Maluku tengah dari partai Perindo dengan perolehan suara sebanyak 3.693 suara pada pemilihan legislatif 2019 lalu. Sementara Maureen Vivian merupakan teman separtainya memiliki suara terbanyak kedua. Maureen Vivian akan di lantik menjadi Anggota DPRD Maluku mengantikan Usama Namakule karena telah meninggal dunia. (NAIR FUAD)