Waduh! Capaian Vaksinasi Lansia di Maluku Baru 9,8 Persen

by
Pedagang di Pasar Mardika Ambon jalan pemeriksaan sebelum vaksinasi covid-19 pada Kamis dan Jumat, (19/3/2021). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku terus mengejar capaian target vaksinasi kepada kelompok lanjut usia (Lansia). Hingga saat ini vaksinasi terhadap Lansia baru mencapai 9,8 persen. Ini terjadi karena vaksinasi Lansia baru dilakukan di Kota Ambon.

“Vaksin untuk Lansia di Maluku baru 9,8 persen, karena dari 11 kabupaten dan kota, baru Kota Ambon yang melakukan vaksinasi Lansia, sedangkan kabupaten dan kota lain belum melakukan vaksinasi,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Maluku dr. Adonia Rerung kepada wartawan di Ambon, Jumat (18/6/2021).

Rerung mengatakan, Pemprov Maluku terus mengejar capaian vaksinasi di Maluku sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat.

Untuk Maluku secara keseluruhan, target vaksinasi covid-19 harus dicapai sebanyak 1,3 juta orang.

Dari target itu, kata dia, tenaga kesehatan sudah mencapai 87 persen dan pelayanan publik 33 persen.

“Kita berharap bisa mencapai target itu, karena itu dilakukan untuk mendapat herd immunity atau kekebalan kelompok,” kata Rerung.

Rerung Adonia menambahkan, saat ini vaksin yang masih tersedia di Maluku yaitu, Astrazenca sebanyak 6.500 dosis dan sinovac sebanyak 1.950 dosis.

“Untuk saat ini stok vaksin kita aman. Vaksin ini akan dibagikan ke seluruh kabupaten kota untuk secepatnya dilakukan vaksinasi,” katanya. (Alfian)