Waehaka Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bursel

by
Desa Waehaka Kecamatan Leksula peraih juara pertama lomba desa tingkat Kabupaten Buru Selatan Tahun 2018.

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE– Desa Waehaka Kecamatan Leksula berhasil meraih juara lomba desa tingkat Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Tahun 2018. “Tim penilaian lomba desa tingkat kabupaten memilih dan menetapkan Desa Waehaka Kecamatan Leksula sebagai juara I lomba desa tingkat Kabupaten Bursel tahun 2018. Sementara untuk juara II diraih Desa Batu Layar, Kecamatan Kepala Madan dan Desa Batu Kasa Kecamatan Waesama menempati juara III,” kata Kepala Desa Waehaka, Samsul Pune, Minggu (29/4).

Samsul menyampaikan apresiasi kepada panitia lomba atas keputusan yang memenangkan Desa Waehaka Kecamatan Leksula sebagai pememang lomba desa tingkat kabupaten. Menurutnya, sebagai kepala desa,dirinya sangat banggga atas kemenangan ini. Samsul mengungkapkan, ia bersama masyarakat akan mempersiapkan Desa Waehaka mewakili Kabupaten Bursel dalam lomba desa tingkat Provinsi Maluku Sepetember 2018 nanti.

“Penyelenggaraan lomba desa yang merupakan agenda rutin pemerintah daerah setiap tahun merupakan satu kekuatan dalam mempercepat pelaksanaan pembangunan desa secara baik, sekaligus peningkatan partisipasi masyarakat, meningkatkan semangat, tekad dan tanggungjawab dalam membangun desa di Kabupaten Bursel,”tutur Samsul Pune.

Sementara itu Camat Leksula, V. Lesnusa mengatakan, lomba desa merupakan agenda rutin pemerintah daerah dan juga salah satu bentuk persaingan pembangunan yang dilakukan secara partisipatif dan objektif oleh masyarakat di desa. Pelaksanaan lomba desa dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional.

Dalam penilaian lomba desa ada beberapa indikator yang dinilai oleh panitia, seperti partisipasi masyarakat, peran pemerintahan desa, keaktifan lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK). “Pemerintah Kecamatan selalu berupaya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan desa khususnya pelaksanaan lomba desa secara obyektif sehingga tidak menimbulkan kesan bahwa lomba desa adalah suatu kegiatan rutin semata yang sarat dengan acara seremonial belaka,” jelas Lesnusa.

Camat mengatakan surat keputusan (SK) juara lomba desa sudah ditandatangani Bupati Bursel, Tagop S Soulisa. Dan desa yang berhak untuk mengikuti tahap selanjutnya, tingkat provinsi adalah desa yang menang dalam lomba desa ini. “Saya berharap dukungan dan partisipasi moril pemerintah kabupaten, lewat dinas terkait untuk mempersiapkan Desa Waehaka mewakili Kabupaten Bursel dalam lomba desa tingkat provinsi tahun 2018,” katanya. (FIK)