Waer Juara Lomba Belang Adat Festival Budaya Banda 2019

by
Belang Negeri Waer saat mencapai garis finish di Pantai Tita Istana Mini Banda Naira, Sabtu (30/11/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Belang Negeri Waer Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah, menjuarai perlombaan manggurebe belang adat dalam even Festival Budaya Banda 2019 pada Sabtu (30/11/2019). Belang dengan sebutan “Belang Raja” ini mengalahkan lima belang adat lainnya.

Belang Waer memimpin lomba di Perairan Teluk Banda

Belang Waer finish di urutan pertama dengan catatan waktu 18,38 menit. Di urutan kedua ada Belang Negeri Lonthoir dengan catatan waktu 18,47 menit. Sementara itu di urutan ketiga adalah Belang Negeri Selamon, dengan waktu 19.03 menit, menyusul Belang Negeri Pulau Hatta, dengan catatan waktu 19,17 menit. Belang Negeri Pulau Ay mencapai finish di urutan kelima dengan catatan waktu 19,55 menit, sementara posisi terakhir mencapai finish adalah Belang Negeri Kampung Baru dengan waktu 20.42 menit.

Perlombaan belang adat yang selalu menarik perhatian warga ini mengambil star dari perairan Pantai Batu Kalatak Negeri Selamon dan finish di Pantai Tita Istana Mini Banda Naira Kecamatan Banda. Sejak star, Belang Raja Waer sudah memimpin perlombaan. Belang Waer bersaing dengan belang Negeri Lonthoir dan Negeri Selamon. Namun mendekati garis finish, Belang Raja Waer meninggalkan belang lainnya.

Perlombaan belang adat ini menarik perhatian ribuan warga Kecamatan Banda dan wisatawan asing. Puluhan motor tempel dan speedboat ikut memberikan dukungan kepada perserta lomba belang. Namun keberadaan motor tempel dan speedboat itu tidak mengganggu perlombaan karena tidak masuk dalam lintasan perlomban.

Sejumlah warga Negeri Waer langsung menyebutkan diri ke laut dan menemui puluhan pendayung Belang Raja sebagai bentuk kegembiraan dan keharuan warga atas kemenangan ini. Belang Raja sendiri selama ini jarang menang saat perlombaan belang.

Tidak hanya ikut lomba belang, Tarian Cakalele Adat asal Negeri Waer juga meramaikan pembukaan Festival Budaya Banda 2019 yang dibuka di Istama Mini Banda Naira, Sabtu (30/11/2019) siang. Pestival Budaya Banda merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah untuk mempromosikan dan menarik wisatawan berkunjung ke daerah itu.

Selain lomba belang, sejumlah atraksi juga digelar pada even Festival Budaya Banda 2019 ini. Diantaranya, tarian cakalele adat, pementasan terbunuhnya 40 orang kaya Banda, tarian kreasi, atraksi buah kenari dan buah pala yang menjadi komuditi pertanian ternama dari Banda. Sementara itu, Minggu (1/12/2019) akan digelar perlombaan belang katagori belang nusantara. (ADI)