Wagub Ingatkan Dokter Muda Lulusan Unpatti Tidak Pilih-Pilih Tempat Tugas

by
Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno. FOTO : HUMAS MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Natanhiel Orno mengingatkan kepada para Dokter Muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon agar tidak memilih-milih tempat tugas  terutama wilayah penugasan di Maluku saat akan bekerja. Hal ini penting demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Maluku.

“Saya berharap untuk tidak memilih-milih tempat penugasan. Dimana pun ditempatkan, demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat Maluku, laksanakan tugas yang diemban dengan baik, ” harap Wagub saat sambutan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 10 Dokter Muda Lulusan ke-18 periode September Tahun 2020 Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon secara virtual dari Kantor Gubernur Maluku, Senin (28/9/2020).

Wagub percaya, para Dokter Muda ini akan menentukan langkah mengabdi di Maluku. Sebab itu, mereka harus terus meningkatkan kemampuan keilmuannya secara berkesinambungan. Mengingat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran selalu berkembang sangat pesat. Dengan begitu, tantangan dan tugas tanggung jawab yang akan dihadapi para Dokter Muda ini pun, tidaklah mudah.

“Saya harapkan dukungan para orang tua dan keluarga perihal tugas yang akan diemban para dokter muda ini. Apalagi, saat ini kita masih berhadapan dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Maluku. Karena itu, kita dituntut untuk tetap serius memperhatikan dan memperketat protokol kesehatan,” tuturnya.

Bagi Wagub, situasi ini terasa sulit karena memang tidak ada pilihan untuk harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Pemerintah dan masyarakat harus selalu berdoa saat bekerja serta, saling menopang agar kondisi pandemi dapat diatasi seoptimal mungkin.

Loading...

“Kita bersyukur karena keberadaan Fakultas Kedokteran Unpatti, secara langsung telah menjawab ketersediaan tenaga kesehatan dokter pada kabupaten/kota di Maluku. Oleh karena itu, saya berharap, para dokter muda lulusan Unpatti dapat mengabdikan dirinya secara berintegritas diseluruh wilayah Maluku,” baginya.

Masih kata Wagub, dengan diambil sumpah sekaligus pelantikan para dokter muda lulusan kampus birunya orang Maluku ini tentunya menjadi momentum strategis bagi Pemprov Maluku menjawab kebutuhan tenaga kesehatan khususnya dokter yang masih terbatas di Maluku.

“Kita menyadari, rasio ketersedian dokter dengan fasilitas pelayanan kesehatan serta kebutuhan masyarakat belum seimbang. Saya menghimbau kepada para dokter lulusan Fakultas Kedokteran Unpatti, agar dapat mengabdikan dirinya di Maluku serta mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik,” katanya lagi.

Sebab, karakteristik Maluku merupakan daerah kepulauan dengan tingkat kesuliatan yang cukup tinggi, serta akses antar wilayah yang sangat terbatas. Disamping ketersediaan sarana dan prasarana infrastruktur penunjang yang belum memadai. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para dokter baru yang akan mengabdikan dirinya di Maluku.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru Lulusan ke-18 periode September Tahun 2020 Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon yang berlangsung secara virtual ini, dihadiri pimpinan IDI Maluku, Dinas Kesehatan Maluku/Kota Ambon, RSUD Haulussy Ambon/RST/RSAL/RSKAD, PKM Karang Panjang, para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti dan undangan lainnya. (Ruzady Adjis/Humas Maluku)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *