Wagub Maluku Harap Gubernur Dan DPRD Legalkan Sopi

by
Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno mendukung upaya melegalkan minuman keras (Miras) tradisional jenis sopi di Provinsi Maluku. Mantan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) ini mendorong lahirnya peraturan daerah (Perda) sebagai payung hukum sopi dilegalkan.

BACA JUGA : GMKI Demo Tuntut Pemerintah dan DPRD Maluku Legalkan Sopi

Orno mengakui sebenarnya ada rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan DPRD Maluku melegalkan sopi dengan membuat Perda. Dengan begitu katanya, Pemprov Maluku dapat mengontrol produksi sopi. “Menurut saya kita harus membuat Perda (Legalkan sopi) sebagai payung hukum. Karena sopi itu dikatagorikan minuman keras  golongan C  dan saat ini ilegal,” kata Orno kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (20/6/2019).

Orno mengatakan, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa jika aparat keamanan menertibkan peredaran Sopi dan menangkap pemiliknya di wilayah Maluku. Itu karena kata Orno, sopi belum dilegalkan di Maluku. Jika dilegalkan,  maka dengan Perda itu pemerintah bisa mengatur mulai dari produksi, distrubisi, penjualan dan aspek lainnya.

Pada sejumlah daerah di Maluku, Orno mengatakan banyak warga yang memproduksi sopi untuk membiayai hidup keluarga termasuk menyekolahkan anaknya. Sopi juga menurut Orno menjadi mimuman yang ada sejak leluhur masyarakat dan menjadi simbol adat sebagian daerah di Maluku.

loading...

Karena itu, Orno berharap Gubernur dan DPRD Maluku dapat membuat Perda yang melegalkan sopi di Maluku. Jika sopi dilegalkan maka akan mendatangkan penghasilan bagi warga yang hidupnya dari sopi.

“Saya berharap DPRD dan Gubernur dapat memperdakan sopi ini. Masakan minuman keras lainnya seperti Bir dan JW didatangkan dari luar, kita beli sama saja kan dengan sopi. Cuma sopi belum dilegalkan. Jadi sopi harus dilegalkan karena sopi juga merupakan nadi kehidupan masyarakat dari sisi ekonomi,”kata Orno.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ambon berunjuk rasa di Gedung DPRD Maluku dan Kantor Gubernur Maluku. Tuntutan mereka yakni DPRD dan Pemprov Maluku harus melegalkan sopi di Maluku. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *