Wagub Minta Masyarakat Fokus Dukung Gugus Tugas Tuntaskan Covid-19 di Maluku

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Belum putus membuat laporan ke pihak kepolisian, Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Barnabas Nathaniel Orno kembali angkat bicara. Kali ini dia meminta fokus dukungan penuh masyarakat terhadap penanganan covid-19 oleh pemerintah daerah,  Jumat (26/6/2020).

Sejak ramai riuh pemberitaan yang menyebut dirinya dalang dari demo mahasiswa, Orno meminta masyarakat lebih objektif dan tidak terpancaing dengan ragam wacana yang berhembus di media sosial. Dalam wawancara bersama sejumlah awak media wagub Maluku itu menyatakan bahwa ada wacana yang terdengar terkait polemik antara dirinya dan gubernur Maluku.

“Tapi bukan karena tidak ketemu lalu pak gubernur lagi mendzolimi wagub. Saya selama ini tidak merasa didzolimi. Jangan lagi ada polimik,” tegasnya kepada sejumlah awak media di kediamannya, Jumat (26/6/2020) sore.

 

Fokus utama pemerintahan saat ini adalah menekan angka penyebaran covid-19. Pasalnya dari hari ke hari jumlah mereka yang terkonfimasi makin banyak dan nyaris menyentuh angka 1.000 kasus. Sementara selama proses hukum berjalan, masih ada saja kabar miring yang dinilai dapat mengaburkan fokus pemimpin daerah.

Loading...

“Tidak usahlah kita menyalahkan pemimpin-pemimpin kita dalam hadapi pandemi covid. Saya sekalipun tidak di dalam tim tapi saya punya kewajiban sebagai seorang wakil kepala daerah membantu tim. Kan tidak mesti kita semua ada dalam tim. Mari kita membantu tim, dalam hal ini ketua gugus Gubernur Maluku dan Ketua Harian Sekda Maluku,” terangnya.

Menurutnya daerah saat ini lebih membutuhkan solusi ketimbang ribut perosoalan siapa yang benar. Terutama tentang sistem koordinasi kepemimpin kepala daerah Maluku. Masyarakat, kata Orno mestinya lebih fokus mendukung semua strategi pemerintah memutus mata rantai covid-19.

Sementara terkait laporan pencemaran nama baik dan berita yang dinilai memfitnah itu dia serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Sambil menunggu proses menyelidikan dia kembali menegaskan agar polemik ini segera usai.

“Saya tidak ada maksud untuk cari siapa yang salah dan benar. Saya hanya ingin beri keyakinan kepada masyarakat. Saya tidak menuduh, kalau toh ini penuhi aturan (hukum, baca) saya ingin tahu siapa ini sumber beritanya. Kan tentunya media yang menulis ada sumber dan informasi,” ujar dia.

Menurutnya masyarakat Maluku perlu ada yang menenangkan. Sebab jauh lebih banyak wacana yang berkembang ketimbang dukungan kepada pemerintah dalam hal ini gugus tugas untuk segera menyelesaikan virus covid-19. (PRISKA BIRAHY) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *