Wagub Orno Dukung Gubernur Murad Tegur Bupati/Walikota

by
Wagub Maluku, Barnabas Orno

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno mendukung Gubernur Maluku, Murad Ismail yang memberikan teguran kepada Bupati/Walikota gara-gara Dana Desa (DD) terlambat dicairkan.

Terlebih lagi jika alasan terlambatnya pencairan DD ini tidak realistis.

BACA JUGA : Bupati/Walikota Ditegur Gubernur Maluku Gara-gara Ini

“Tapi andaikata penyebabnya (terlambat dicairkan) tidak realistis, bagaimana Kepala BPMDesa meminta Gubernur untuk membuat teguran, kenapa itu (pencairan) terlambat,”kata Orno kepada wartawan saat diwawancarai Rabu (1/9/2021) usai membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Program Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes) Tahun 2021 di Amans Hotel, Ambon.

BACA JUGA : Baru 4 Kabupaten/Kota di Maluku Pencairan DD Tahap II, Wagub Bilang Begini

Gubernur lanjut Wagub punya kewenangan untuk memonitoring dan mengevaluasi hingga intervensi jika ada hal-hal yang merugikan kepentingan rakyat menyangkut DD ini meskipun DD ini otonominya ada di kabupaten/kota.

Jika memang ada kesalahan sehingga sebabkan pencairan terlambat, kata Wagub harus dilaporkan agar Pemerintah Provinsi mengetahui.

Karena jika tidak, maka Maluku akan terus dibilang miskin. Sehingga kata dia kerjasama semua pihak harus dilakukan. “Kemiskinan yang terjadi di Maluku adalah akumulasi dari kabupaten/kota. Kita perlu kerjasama,”sebutnya.

Maka dari itu, mantan Bupati MBD ini pun mengingatkan agar pencairan DD harus dipercepat. “Atas nama Pak Gubernur saya minta pencairan Dana Desa itu harus dipercepat. Jangan sampai ada indikasi-indikasi lain yang mebuat Dana Desa terlambat dicairkan. Itu kan dicairkan langsung kabupaten/kota,”tandasnya. (Ruzady)