Wajib Masker, Gubernur Akui Lapor Mendagri Untuk Turunkan Baliho Tak Bermasker

by
Gubernur Maluku Murad Ismail

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan dirinya telah melapor kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait penerapan kebijakan menertibkan baliho figur yang tak bermasker di Maluku.

Karena itu, Gubernur menginstruksikan kepada kepala daerah untuk mewajibkan setiap baliho yang dipasang harus menampilkan gambar orang memakai masker. Jika ada baliho figur yang kedapatan tidak brrmasker, maka harus diturunkan dan ditertibkan.

Langkah ini sebagai bagian dari upaya mensosialisasikan wajibnya protokol kesehatan bagi masyarakat di Maluku untuk perangi pandemik covid-19.

Kebijakan ini awalnya kata dia sudah diterapkan di Kota Ambon.  Dimana baliho-baliho gambar orang tapi tidak memakai masker diperintahkan Gubernur Maluku untuk diturunkan dan ditertibkan.

“Semua baliho-baliho harus pakai masker, sudah saya lapor ke Mendagri,”tegasnya kepada wartawan Sabtu (26/9/2020) di kantor Gubernur Maluku, Ambon usai pengukuhan Pjs Bupati SBT,  Pjs Bupati Kepulauan Aru dan Pjs Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Loading...

Bahkan, termasuk baliho dirinya juga jika tidak kenakan masker maka harus diturunkan. “Yang tidak pakai masker, turunkan. Di Kota Ambon saya punya saya suru (perintahkan) turunkan karena harus pakai masker,”tegasnya.

Lebih jauh kata Gubernur, penyebaran covid-19 ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh Gubernur maupun kepala daerah se Maluku. Tapi yang paling penting adalah kesadaran masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan yakni pakai masker, jaga jarak fisik, hindari kerumunan warga dan rajin cuci tangan dengan sambun.

“(Pencegahan) Penyebaran covid tidak bisa dilakukan gubernur dan kepala daerah saja, tapi kesadaran masyarakat. Jangan menyalahkan pejabat, jangan menyalahkan siapapun, tapi salahkan diri sendiri kenapa kena covid. Masa kita mau larang kalian sambil tarik-tarik kalian. Semua dari kesadaran masyarakat,”tandasnya. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *