Wakil Bupati SBT Jelaskan Penggunaan dan Maaf Kartu Tani ke Petani

by
Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur bersama petani saat launching kartu tani di Desa Administratif Waimatakabu, Kecamatan Bula Barat, Kamis (27/5/2021). FOTO : SOFYAN

TERASMALUKU.COM,-BULA-Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur melaunching kartu tani di Desa Administratif Waimatakabu, Kecamatan Bula Barat Kabupaten SBT pada Kamis (27/5/2021). Idris menjelaskan teknis penggunaan dan manfaatnya kartu tani.

Kartu tani merupakan kartu debit seperti ATM. Kartu ini bisa digunakan para petani untuk berbagai kebutuhan dan memenuhi keperluan pertaniannya.

Keberadaan kartu tani kata Idris, diharapkan membawa dampak yang positif bagi semua kalangan, baik pemerintah, swasta dan yang paling utama adalah bagaimana kartu tani dapat bermanfaat bagi para petani di SBT.

“Jika petani memiliki kartu tani, maka yang paling pertama adalah mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi. Karena pupuk merupakan salah satu komponen penting dalam pengelolaan sektor pertanian, maka dari itu ketersediaan pupuk adalah sesuatu hal wajib dan tepat waktunya,” kata Idris saat menyampaikan sambutannya dihadapan puluhan petani.

Dengan kartu tani, petani dapat menggunakannya untuk membeli pupuk bersubsidi. Hal inilah kata Idris yang diinginkan Pemkab SBT, agar bisa berjalan dengan efektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran.

“Dengan tersedianya kartu tani ini maka dengan sendirinya memangkas praktik penjualan hasil pertanian yang tidak sehat,” kata Idris.

Idris menjelaskan, perlu diketahui dari manfaat kartu tani, yakni petani dapat dengan mudah melakukan penjualan secara langsung ke Bulog selaku off taker.

Petani cukup membawa kartu tani dan menimbang hasil panen. Hasil panen nantinya akan diinput dan muncul besaran pembayaran di server SINPI dan akan dikirimkan ke HP petani via SMS.

“SMS tersebut berisi nilai jual hasil panen dan nantinya akan langsung masuk ke rekening petani. Keuntungan lainnya, berupa kemudahan pembayaran kredit usaha. Ketika petani mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil penjualan selama masa panen, maka dana yang dimiliki bisa digunakan untuk unit usaha lainnya. Saya harapkan agar kartu ini benar-benar dimanfaatkan oleh petani dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkap Idris. (Sofyan).