Wakil Ketua DPRD Harapkan Penerapan PSBB Usai Lebaran

by
Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono mengharapakan jika pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jadi diterapkan di Kota Ambon, maka sebaiknya itu dilakukan usai Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

BACA JUGA : Gugus Tugas Maluku Bahas Penegakan Hukum Untuk Cegah Penularan COVID-19

Pasalnya, sebelum lebaran ini kebutuhan masyarakat untuk berbelanja pasti sangat meningkat sehingga bila PSBB telah disetujui oleh pemerintah pusat maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon juga harus memikirkan masalah tersebut.

“Kalau PSBB ini disepakati oleh pemerintah pusat, maka saya berharap Pemerintah Kota Ambon bisa melakukannya usai lebaran,” kata Rustam kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, Kamis (14/5/2020).

Pemkot Ambon kini mengusulkan penerapan PSBB di Kota Ambon ke Kementerian Kesehatan lewat Pemerintah Provinsi sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Loading...

Menurut Rustam, jika PSBB ini dilakukan sebelum lebaran, maka sama saja menghambat masyarakat untuk memenuhi kebutuhan untuk berlebaran. “PSBB tidak akan maksimal jika dilakukan sebelum lebaran, aktifitas masyarakat pasti sangat tinggi,” kata Rustam.

Olehnya itu, kata Rustam, jika penerapan PSBB usai lebaran, pemerintah akan bisa lebih fokus dan hasilnya diyakini akan maksimal.

Rustam juga menambahkan, masyarakat Kota Ambon harus mendapatkan seluruh bantuan sebelum pemberlakukan PSBB agar kebutuhan masyakarat selama masa itu bisa terpenuhi.  “Sebelum melakukan PSBB juga masyarakat harus sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah agar mereka tidak kelaparan,” katanya.

Pemkot Ambon telah menyampaikan proposal pemberlakuan PSBB ke Provinsi Maluku untuk diteruskan Kementerian Kesehatan sebagai upaya memutus penyebaran covid-19 di Kota Ambon. (ALFIAN SANUSI)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *