Wakil Ketua DPRD Maluku : Masih Ada Pelaku Perjalanan Tak Kantongi Surat Kesehatan

by
Para penumpang pesawat antri menjalani pemeriksaan kesehatan dan dokumen perjalanan saat tiba di Bandara Udara Rar Gwamar Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Kamis (29/10/2020). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Asis Sangkala mengakui hingga kini masih ada warga yang melakukan perjalanan dari daerah yang zona merah ke zona hijau di wilayah Maluku tidak mengantongi surat kesehatan. Padahal surat kesehatan seperti hasil pemeriksaan cepat rapid test sebagai syarat dokument perjalanan warga di situasi pandemi civid-19.

“Sampai saat ini sebagian warga yang dari zona merah ke hijau tidak miliki surat kesehatan. Padahal ini sangat dibutuhkan seperti hasil rapid test sebagai syarat perjalanan, untuk mencegah penularan covid-19,”kata Sangkala kepada Terasmaluku.com di Ambon, Kamis (12/11/2020).

Kondisi tersebut kata Sangkala sangat mengkhawatirkan karena dilain sisi, pemerintah tengah berupaya keras untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang masih  mewabah.

Loading...

Seharusnya kata Sangkala, warga yang melakukan perjalanan dari zona merah ke zona hijau wajib kantongi surat kesehatan atau hasil non reaktif Rapid Diagnistic Test. Apalagi, sebagai wakil rakyat, DPRD tidak menginginkan wilayah zona hijau tertular Covid-19 akibat adanya pelaku perjalanan dari zona. Apalagi tidak menggunakan dokumen perjalanan.

Karena itu, Sangkala mengingatkan pelaku perjalanan atau yang berpergian harus mengantongi surat kesehatan resmi dari otoritas kesehatan dan wajib menerapkan protokol kesehatan agar aman.”Harus memastikan kita bepergian dalam kondisi yang aman dan tidak dalam kondisi reaktif,”

Dia juga meminta agar warga dari zona merah tidak seenaknya keluar masuk ke daerah zona hijau jika tidak ada keperluan penting. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19.

“Kita inginkan agar orang dari zonah merah juga tidak keluar dengan leluasa ke zona hijau,”ujarnya (NAIR FUAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *