Wakil Walikota Sebut Pembongkaran Pasar Diperkirakan Mulai Juni

by
Syarif Hadler. FOTO : ALFIAN SANUSI

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Penataan Pasar Mardika bakal dimulai pada Juni. Usai tender dan urusan administratif Pemerintah Kota Ambon pastikan akan berjalan pada pertengahan tahun mendatang.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler. “Bulan Juni besok sudah mulai dilaksanakan. Sekarang persiapan awal sudah. Tentu tender dan tahapan administrasi sudah dimulai dengan baik,” jelas Syarif.

Dia menerangkan tahap awal sudah rampung. Pemindahan pedagang ke pasar sementara juga dilakukan bertahap namun pasti. Dengan begitu saat pengerjaan pasar area tersebut benar-benar steril.

Memang dari kenyataan di lapangan masih ada segelintir pedagang yang masih bertahan di area yang akan dibangun pasar baru. Terkait hal itu wakil walikota ini berikan tanggapan tegas.

“Harus pindah. Pedagang pindah ke tempat yang disediakan. Kalau tidak pindah sudah dipastikan mereka tidak akan dapat tempat yang baru,” jawabnya tegas. Untuk itu dia berharap pedagang dapat bekerjasama agar warga Kota Ambon dapat memiliki bangunan pasar modern baru.

Pada kesempatan berbeda, Plt Kepala Dinas Perindusterian dan Perdagangan Kota Ambon, Roby Silooy menyatakan pembongkaran baru bisa berjalan pada April.

Perkiraan itu menunggu ada persetujuan lelang dari pemerintah pusat. “Kalau proses lelang selesai, berarti pembongkaran sudah bisa dimulai pada April selama dua bulan,” jelas Silooy pada kesempatan berbeda.

Usai ada pembongkaran revitalisasi baru benar-benar berjalan pada 2021 secara bertahap. (PRISKA BIRAHY)