Walikota Ambon Jadi Peserta APCA di Amerika

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy. FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Walikota Ambon Richard Louhenapssy kembali dipercaya Pemerintah Pusat (Pempus) untuk menjadi peserta Asosiasi Kebudayaan Asia Pasifik (APCA) yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (27/1). Dalam kegiatan ini, Walikota dan  peserta dari sejumlah negara Asia Pasifik  akan mengikuti Festival Tahun Baru Imlek Asia Pasifik (Lunar Fest) di AS. Walikota Ambon diundang Presiden APCA May Lynn Davis dalam acara tersebut.

Kegiatan ini  bertujuan untuk mempromosikan Industri Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia, khususnya Kota Ambon di kanca Internasional. Walikota Ambon akan  didampigi Wakil Ketua DPRD Ambon Rustam Latupono.  “Rombongan Walikota dijadwalakan bertolak ke AS pada  Kamis 25 Januari. Walikota berada di Amerika selama tiga hari, dan balik lagi  ke Indonesia melalui Hongkong pada 31 Januari,” kata Pelaksana Tugas  Kadis Infokom dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz Kepada wartawan di Ambon, Rabu (24/1).

Joy Adrianz mengatakan, promosi keunggulan Ambon yang diprakarsai Asosiasi Kebudayaan Asia Pasifik  itu  akan terfokus kepada masyarakat California Selatan, Amerika Serikat. Menurutnya, Ambon sebagai bagian dari Asia Pasifik serta mempunyai banyak hal untuk ditawarkan dan diperkenalkan ke masyarakat Amerika.

Joy Adrianz mengungkapkan, Festival Tahun Baru Imlek Asia Pasifik (Lunar Fest), merupakan acara tahunan Asosiasi Kebudayaan Asia Pacific yang dilaksanakan pada  Sabtu 27 Januari,  setiap akhir bulan Januari untuk menyongsong Tahun Baru Imlek dan menampilkan beragam budaya dari Asia Pasifik.

Festival ini mewakili sejarah dan perayaan The Asian Komunitas di Riverside dan Southern California. Misi APCA adalah untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman tentang Budaya Asia Pasifik – Amerika melalui keragaman pendidikan dan perayaan.

loading...

“APCA berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan entitas pendidikan untuk terus menindaklanjuti program budaya dan pendidikan di Southern California. Tujuan APCA meningkatkan harmoni rasial, mempromosikan cross-kesadaran budaya, saat merayakan dan memperingati tradisi Asia Pasifik dan Multikultural.  Olehnya, panitia Festival Imlek Asia Pasifik mengadakan promosi budaya dan pariwisata. Pemkot Ambon mengharapkan  ada investasi dan kemitraan masa depan antara Kota Ambon dan pebisnis di Amerika Serikat,”tandas Joy Adrianz.

Menurutnya, kegiatan  ini akan dihadiri beberapa kota/komunitas dari sejumlah Negara Asia Pasifik seperti, Jepang, China, Vietnam, Filipina dan Taiwan, untuk mempromosikan budaya dan pariwisata negara-negara se-Asia Pasifik. Joy Adrianz mengungkapkan,  dijadwalkan Walikota Ambon  akan diterima oleh Konjen Republik Indonesia untuk Amerika Serikat dan dilanjutkan dengan Bisnis Meeting yang difasilitasi KADIN Indonesia.

Terkait kunjungan tersebut sebagai pejabat negara, menurut Joy Adrianz,  Walikota Ambon sudah mendapatkan rekomendasi dari Kemendagri RI perihal ijin perjalanan ke luar negeri yang ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah, Sonny Sumarsono atas nama Menteri Dalam Negeri RI.  Selain Walikota dan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, rombongan lain juga terdiri atas, Pejabat Kadis Infokom Ambon, Kadis Perindag dan Kabid BeKraf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon. (UAD)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *