Walikota Ambon : Kompleks Tentara Saja Kita Gusur, Apalagi Jalan Jenderal Sudirman

by
Walikota Ambon, Richard Louhenapessy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaskan tetap akan melakukan penggusuran bangunan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Desa Batu Merah Kota Ambon. Menurut Walikota, bangunan disepanjang jalan tersebut merupakan bangunan liar, yang dinilainya membuat Kota Ambon menjadi kumuh.

BACA JUGA : Pedagang Tolak Penggusuran dan Tagih Janji Walikota Ambon

“Kita tetap melakukan penggusuran, untuk pembenahan Kota Ambon, di kompleks tentara (OSM) juga kita tertibkan. Ini (penggusuran) sudah masuk dalam rencana, tinggal tunggu waktu saja,” kata Richard kepada wartawan usai rapat Paripurna APBD Perubahan di Gedung DPRD Kota Ambon, Rabu (28/82019) malam.

Penegasan Walikota ini menanggapi aksi warga yang menolak penggusuran bangunan di Jalan Jenderal Sudirman pada Selasa (27/8/2019).  Menurut Walikota, bangunan-bangunan yang ada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman adalah merupakan bangunan liar, sehingga harus ditertibkan.”Itu kan semuanya bangunan liar, jadi tetap kita akan tertibkan,” tegasnya.

Loading...

Walikota mengatakan, jika masyarakat di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman memiliki sertifikat maupun Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) maka akan menjadi perhatian maupun pertimbangan dari pemerintah untuk penggusuran. “Kalau memang surat resmi dan sertifikat ada semua akan jadi perhatian dan dipertimbangkan kita,” kata Walikota Ambon dua periode ini.

Terkait dengan tuntutan masyarakat untuk ganti rugi kepada 22 rumah warga bila penggusuran, kata Walikota, pemerintah tidak akan ganti rugi, karena itu sesuatu hal yang tidak dibenarkan.

“Untuk 22 rumah warga yang akan digusur, tidak ada ganti rugilah, mana mungkin karena itu tidak benar, bagaimana kalau saya minta harga sewa selama mereka tinggal,” ujar Richard.

Dia menambahkan, penggusuran yang dilakukan ini dalam rangka pembenahan Kota Ambon. Walikota mengatakan tidak mungkin Kota Ambon terus seperti saat ini, sehingga harus  dibenahi agar lebih baik lagi.”Kita akan sosialisasi kepada mereka semua, dan saya juga akan ketemu dengan masyarakat dikawasan itu,” katanya. (ALFIAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *