Walikota Ambon Lantik Raja Negeri Laha

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy melantik, Rifally Azhar, Raja Negeri Laha yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (23/9). FOTO: Alfian Sanusi

TERASMALUKU.COM,AMBON,  –  Walikota Ambon Richard Louhenapessy melantik Rifally Azhar, kepala pemerintahan negeri Laha masa jabatan 2019-2025. Pelantikan ini berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (23/9/2019).

Richard mengaku, pelantikan raja negeri Laha ini berdasarkan peraturan pemerintah, karena pemerintah kota Ambon tidak mamu intervensi apapun dalam pemilihan raja.

“Kalau untuk desa tidak terlalu repot karena mekanismenya itu demokresi. Jadi siapa saja bisa maju. Tapi untuk negeri itu harus kita tuntut dulu siapa yang jadi mata rumah parentah,” katanya.

Menurutnya, soal penentuan mata rumah untuk menjadi raja itu harus dari mata rumah itu sendiri melalui peraturan negeri yang dirumuskan oleh Saniri.

“Laha itu sudah merumuskan peraturan dan menetapkan mata rumah parentahnya. Setelah itu mereka sampaikan kepada kita sesuai dengan mekanisme tinggal saya lantik saja,” ujarnya.

loading...

Dia menambahakan, setelah ini, dirinya akan melantik raja negeri Hutumuri dan Hative kecil karena mereka sudah ada kesepakatan terhadap mata rumah untuk menjadi raja. (ALFIAN SANUSI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *