Walikota : Ambon Masih Zona Merah PSBB Diperpanjang

by

TERASMALUKU.COM.-AMBON-Walikota Ambon Richard Louhenapessy memutuskan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon diperpanjang lagi.

PSBB seharusnya berakhir Minggu (5/7/2020) namun karena Kota Ambon secara nasional masih masuk zona merah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, maka Pemerintah Kota Ambon memutuskan pelaksanaan PSBB diperpanjang lagi hingga dua pekan kedepan.

“Kita sudah rapat koordinasi dengan berbagai pihak, kesimpulan kita walaupun hasil terakhir kajian kita sudah mendekati zona orange, tapi karena secara nasional Kota Ambon masih masuk dalam zona merah dari 53 kabupaten kota, sehingga kita menyesuaikan dengan zona merah itu. Dan nanti setelah tanggal 5 Juli, Pemerintah Kota akan menyurati Pemerintah Provinsi Maluku untuk memperpanjang PSBB,” kata Walikota kepada wartawan usai sosialisasi pelaksanaan PSBB di Aula Slamet Riyadi Korem 151/Binaiya, Jumat (3/7/2020) petang.

Namun Walikota mengatakan bila sampai waktu batas akhir PSBB pada Minggu (5/7/2020), Kota Ambon bisa menekan laju angka terkonfirmasif positif covid-19, dan turun dari level zona merah ke zona orange penyebaran covid-19, maka tentu hal ini akan menjadi pertimbangan pihaknya untuk mengusulkan ke Pemprov Maluku agar PSBB tidak diperpanjang lagi.

Loading...

“Idealnya PSBB itu dilaksanakan 2 x 14 hari, tapi kalau misalnya dalam perjalanan sampai tanggal 5 Juli, kita bisa menekan angka sampai masuk zona orange, bisa itu kita minta pertimbangkan ke Provinsi Maluku untuk kita tinjau dia. Tapi untuk sementara kita tetap memperpanjang dulu sesuai rekomendasi dari konsultan medis untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi,” jelas Walikota.

Pemkot Ambon sejak Senin (22/6/2020) hingga Minggu (5/7/2020) nanti menerapkan PSBB di Kota Ambon untuk mempercepat penangangan covid-19 di Kota Ambon. Walikota mengakui selama PSBB berlangsung jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 bisa ditekan.

Namun dari jumlah kasus yang turun belum bisa membebaskan Kota Ambon dari zona merah penyebaran covid-19. Karena itu, pihaknya memutuskan pelaksanaan PSBB diperpanjang lagi.

Walikota meminta semua pihak untuk bersama-sama membebaskan Ambon dari zona merah penyebaran covid-19 dan turun levelnya menjadi orange. Sehingga dengan begitu PSBB cepat berakhir dan Ambon bisa menuju new normal atau tatanan hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan.(ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *