Walikota Ambon Perpanjang PPKM, Aturan Dilonggarkan, Tempat Usaha Buka Hingga Pukul 21.00 

by
Warga ngopi di Teras Coffee kawasan Soabali Kota Ambon..Foto : Insany

TERASMALUKU COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di Kota Ambon hingga 8 Agustus 2021.

Dalam PPKM level 3 ini, Pemkot lebih melonggarkan berbagai aktivitas di sektor ekonomi masyarakat.

“Kita kembali memperpanjang PPKM level tiga di Kota Ambon hingga 8 Agustus mendatang,” kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat keterangan pers secara daring, Minggu (25/7/2021).

Dia mengaku, jika PPKM level tiga ini sangat berdampak sekali pada angka kesembuhan pasien terkonfimsi positif Covid-19 dan penurunan angka penularan virus tersebut.

Sehingga, lanjut Richard, dalam perpanjangan PPKM level tiga ini, Pemkot Ambon melonggarkan aktivitas perekonomian. Seperti rumah makan, cafe, restoran dan rumah kopi dan kegiatan usaha sejenisnya dilonggarkan, namun dengan kapasitas 50 persen dan prokes yang ketat. Waktu operasinya hingga pukul 21.00 WIT.

“Aktifitas di rumah makan, kafe, restoran, rumah kopi dan kegiatan usaha sejenisnya bisa jalan, masyarakat bisa makan di tempat dengan kapasitas 50 persen dan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Selain itu, dia juga mengatakan, aktivitas di perbelanjaan di mall, pertokoan maupun Indomaret yang ada di Kota Ambon bisa beroperasi hingga pukul 21.00 WIT termasuk SPBU, perbengkelan, salon kecantikan dan pangkas rambut.

Namun aktivitas pembelajaran sekolah dan perkuliahan bagi mahasiswa masih secara online.

“Sementara aktivitas di pasar tradisional juga kita longgarkan sampai pukul 20.00 WIT,” katanya.

Walikota berharap, masyarakat bisa tetap mentaati protokol kesehatan pada saat PPKM level tiga di Kota Ambon, sehingga Ambon bisa beralih dari zona oranye ke kuning hingga hijau.

Saat ini Kota Ambon masih tetap berada pada zona oranye dengan tingkat kesembuhan naik signifikan dan tingkat penularan Covid-19 mulai menurun.(Sofyan Kastela)