Walikota Beri Penghargaan Para Pegiat Lingkungan di Ambon

by
Pendiri Beta Bank Sampah George Manuhua bersama para nasabah cilik di markas di Hative Besar, (23/2). FOTO: Priska Birahy

 TERASMALUKU.COM,AMBON, – Permintah Kota Ambon memberikan penghargaan kepada para pejuang dan penjaga lingungan saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 22 Februari 2021.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam pidato apel pagi menjelaskan ini merupakan apresiasi bagi semua usaha untuk menjadikan Kota Ambon bersih dan asri.

Loading…
Komunitas Green Moluccas usai menerima penghargaan di Balai Kota Ambon

“Ini upaya yang patut diapresiasi oleh pemkot. Menjadikan Ambon sebagai kota bersih. Tetap lakukan kerja lingkungan,” sebut Richard dalam pidato sebelum penyerahan penghargaan pagi tadi, (22/2/2021).

Para penerima penghargaan itu antara lain, Green Moluccas, Molucca Costal Care (MCC), Acapela, Beta Bank Sampah, Bank Sampah Alstonia. Salah satu penerima pengharagaan, George Manuhua, pendiri Beta Bank Sampah.

Pria yang akrab disapa Jo itu menyatakan jika kerja lingkungan sudah merupakan bagian dari dirinya. Penghargaan ini, katanya sebagai penyemangat agar konsisten bekerja. “Mungkin karena pemkot liat katong sudah tiga tahun terus aktif sampai sekarang. Juga buat teman-teman penggerak dan pemerhati lingkungan lain,” jelasnya saat ditemui di rumahnya di Hative Besar Ambon.

Dengan Beta Bank Sampah, Jo mengubah perilaku hidup sadar lingkungan puluhan anak di komplek ruamhnya. Hampir setiap hari mereka mengumpulkan sampah plastik lalu menyetor ke markas Bank Sampah. Seperti sampah pembungkus shampo, sabun, deterjen, kecap. Sampah-sampah itu lantas dijadikan bahan baku pembuatan eco-brick.

“Selama pandemi kemarin jarang aktivitas tapi tetap jalan. katong tetap kumpul sampah, nasabah terus jalan. Dan itu berdampak besar,” lanjut Jo.

Dia berharap kegiatan seperti ini oleh pegiat lingkungan bisa mendapat perhatian pemerintah ke depan. Bukan saja sebatas penghargaan namun dukungan untuk kelangsungan kegaitan.

Wiwin Putnarubun, salah satu perwakilan Green Moluccas yang hadir menerima penghragaan menyebut, turut bangga dengan penghargaan tersebut.
“Kami dari Green Moluccas sangat bangga senang sekali dengan apresiasi yang telah di berikan oleh kami, dan harapanya semoga dengan piagam yang kami dapat ini akan menjadi penyemangat terus untuk bekerja menjaga lingkungan,” jelas Wiwin. Walikota juga berpesan kepada para pegai lingkungan intui tetap setia menjaga lingkungan. (PRISKA BIRAHY)