Walikota : Kenikmatan Masyarakat Maluku Saat Ini Berkat Perjuangan Pattimura

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy memimpin upacara renungan hari Pahlawan Nasional Pattimura ke 204 di Pattimura Park Kota Ambon, Sabtu (15/5/2021) dini hari. FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar upacara renungan hari Pahlawan Nasional Pattimura yang ke 204 di Pattimura Park Kota Ambon, Sabtu (15/5/2021) dini hari.

Renungan tersebut dilakukan untuk kembali mengenang jasa Pahlawan Pattimura saat melawan penjajah Belanda di tanah Maluku.

Renungan Hari Pattimura dipimpin langsung Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dengan memakai pakaian adat. Dalam upacara itu, Walikota membakar obor suci Pattimura.

Walikota Richard usai upacara mengungkapkan kenikmatan yang kini dirasakan masyarakat Maluku adalah berkat perjuangan Pattimura melawan penjajah Belanda saat itu.

“Sehingga kita bisa merasakan kenikmatan dari segi pembangunan ekonomi dan teknologi saat ini, itu semua berkat perjuangan Pattimura melawan penjajah,” kata Richard.

Walikota mengatakan perayaan renungan hari Pattimura ini dilakukan untuk kembali mengenang perjuangan Pattimura yang melawan penjajah kala itu.

Walikota mengatakan saat ini Pattimura muda masih tetap berjuang melawan pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini.

“Pesan saya satu saja, dulu itu Pattimura berjuang untuk melawan penjajah sekarang kita harus berjuang melawan Covid 19 ini,” katanya.

Diketahui, pahlawan Pattimura merupakan seseorang yang berjuang melawan Belanda saat masuk ke Maluku untuk merebut perdagangan rempah-rempah.

Salah satu pertempuran terbesar Pattimura saat itu adalah ketika rakyat Maluku bersatu merebut Benteng Duurstede di Saparua dari tangan Belanda.

Namun Pattimura akhirnya berhasil ditangkap oleh penjajah dan dijatuhi hukuman mati di tiang gantungan.

Pattimura kemudian ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagai Pahlawan Nasional. Kini masyarakat Maluku tiap tanggal 15 Mei memperingati Pahlawan Pattimura. (ALFIAN SANUSI)