Walikota Lepas Etape Ambon, Tour de Molvccas

by
Para atlet sepeda mengikuti lomba balap sepeda internasional, Tour de Molvccas (TdM) etape IV Masohi-Waipirit Pulau Seram, Kamis (21/9/2017). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Walikota Ambon Richard Louhenapessy dijadwalkan akan melepas lomba balap sepeda internasional,  Etape 5 Tour de Molvccas (TdM) dari Pantai Namalatu Desa Latulahat Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Jumat (22/9) pukul 14.30 WIT.

Dengan jarak tempuh 82,9 km, Etape 5 akan finish di Lapangan Merdeka, depan gong perdamaian Ambon dan  diperkirakan tiba di garis finish pukul 16.28 WIT. Akibat lomba ini, jalan – jalan utama di Kota Ambon yang dilalui pembalap mulai ditutup sekitar pukul 14.00 WIT. Ini terpaksa  dilakukan karena kecepatan balapan tiap atlet diatas 80 kilometer perjam.

Dalam keterangan pers Direktur Perlombaan (Race Director) TdM, Daryadi Sadmoko yang diterima Terasmaluku.com, Jumat pagi menyebutkan,  di lokasi finish, peserta TdM akan disambut Gubernur Maluku,Said Assagaff, Muspida Provinsi Maluku, Walikota Ambon, Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, Bupati Seram Bagian Barat Yasin Payapo, Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas dan warga Kota Ambon.

“Dengan demikian, ajang lomba balap sepeda bertaraf internasional pertama di Maluku yang berlangsung sejak Senin 18 September  akan berakhir pada Jumat sore dan ditutup Gubernur Maluku yang juga dihadiri kepala daerah lokasi etape TdM,” kata Daryadi.

Rangkaian acara seremonial penutupan TdM dilakukan usai lomba sekaligus pengumuman pemenang utama dari klasifikasi keseluruhan Etape TdM, Upacara Penyerahan Pemenang (UPP) Etape 5 dan pengumuman pemenang kategori tuan rumah/penyelenggara terbaik untuk TdM 2017. Empat daerah penyelenggara TdM 2017 akan bersaing, yakni: Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur dan Kota Ambon.

Tour de Molvccas adalah lomba balap sepeda internasional pertama di Maluku yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Maluku, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Pemerintah Kota Ambon. TdM meliputi 5 etape dengan jarak 714 km yang sejak awal diikuti oleh 67 pembalap dari 14 tim yang berasal dari 20 negara.

TdM adalah kegiatan olah raga berbasis pariwisata ditujukan untuk memajukan pariwisata Maluku. TdM didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Kementerian PU, Kementeriaan Perhubungan, sejumlah BUMN dan lainnya. Peserta TdM 2017 memperebutkan hadiah uang senilai total Rp 850.000.000. (ADI)