Walikota Timses Pilkada, ASN Pemkot Ambon Tetap Netral

by
Benny Selanno

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Badan Kepegawaian Kota Ambon Benny Selanno mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk tetap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku yang berlangsung 28  Juni 2018 nanti.

“ASN Kota Ambon harus tetap netral menjelang Pilkada nanti, karena sudah diatur sesuai dengan surat edaran menteri  (Menpan RB) yang telah disebarkan,” kata Selanno kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (5/2).

Dalam surat edaran  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tersebut, kata Selanno menyebutkan,  ASN dilarang untuk memberikan dukungan secara lisan ataupun tertulis di media elektronik maupun cetak.

“ASN itu dilarang kasih dukungan buat kandidat di media sosial seperti facebook dan media lainnya, bahkan menyukai foto kandidat juga tidak boleh, karena ASN harus tetap berdiri pada posisi netral,” kata Selanno.

Seperti diketahui, Walikota Ambon Richard Louhenapessy adalah Ketua Tim Sukses (Timses) pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff- Andareas Rentanubun (SANTUN). Selanno mengungkapkan, dalam setiap deklarasi dan nantinya saat kampanye kandidat, BKD Kota Ambon akan mengawasi  seluruh ASN Kota Ambon yang terlibat dalam kampanye.

“Kita akan tetap pantau ASN yang pergi ikut deklarasi atau nantinya saat  kampanye, kalau hanya lewat dan mendengar visi misi kandidat saja itu dibolehkan,tapi jangan sampai terlibat secara langsung,” jelasnya.

Selanno menyatakan, jika ASN di lingkup Pemkot Ambon terlibat dalam politik praktis ini maka pihaknya akan menindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kita akan kasih sanksi tegas untuk ASN yang terlibat, sanksi tersebut sesuai aturan yang berlaku,” katanya. (IAN)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *