Wamendag Ajak Anak Maluku Kembangkan Kreatifitas Jadi Wirausaha Muda

by
Wamendag RI, Jerry Sambuaga menerima cinderamata berupa karikatur dirinya yang diberikan oleh KNPI Maluku. Foto: Ruzady/Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON – Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mengajak generasi muda di Maluku untuk kembangkan kreatifitas sebagai wirausaha muda.

Apalagi kedepannya revolusi industri memasuki fase 4.0 dimana kegiatan produksi dan konsumsi menjadi lebih terintegrasi melalui penggunaan teknologi wireless dan big data secara masif dan dituntut lebih kompetitif, sehingga kalangan muda bisa memanfaatkan itu untuk mengembangkan kreatifitas.

“Ini yang perlu diperhatikan apalagi di era seperti saat ini. Kita harus memacu diri lebih baik, jangan berhenti berkompetisi tapi harus mau memacu diri kita,”pesannya saat berikan paparan pada Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0”, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 ini yang diselenggarakan di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).

Wamendag RI, Jerry Sambuaga (tengah kenakan kemeja batik) foto bersama Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku, Sandy Wattimena, Ketua DPD KNPI Maluku, Faisal Sahilatua serta penerima bantuan UMKM dan pemenang lomba pidato. Foto : Ruzady/Terasmaluku.com

Dia juga mengajak generasi muda di Maluku untuk bisa merambah pasar ekspor dengan mengoptimalkan produk-produk khas Maluku.

Karena jika produk khas Maluku diolah dan dikemas dengan menarik dibantu dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini, maka kaum muda di Maluku bisa merambah pasar ekspor.

Loading...

“Produk-produk lokal itu ada di daerah, yang lebih tahu orang di daerah, kembangkan itu, Pemda dorong dan kita kita juga dorong dengan memberikan bimbingan dan pelatihan, kit apunya badan ekpor, ada atase perdagangan yang tersebar di negara-negara luar. Pastinya Pemerintah dorong produk-produk daerah supaya bisa di ekspor,”sambungnya.

Tidak hanya itu itu, dia juga mengajak agar generasi muda yang gandrungi permainan game agar juga bisa berkreasi dengan menciptakan game online, jangan hanya sekedar bermain game saja.

Karena jika bisa menciptakan sebuah game juga akan mendatangkan pundi-pundi uang. “Saya yakin itu bisa dikreatifkan anak-anak muda,”imbuhnya.

Jerry juga mengungkapkan Maluku memiliki kontribusi sehingga neraca perdagangan Indonesia hingga September 2020 alami surplus 13,51 miliar US Dollar sesuai data BPS meskipun saat ini tengah dilanda pandmi covid-19.

Artinya kata Jerry, nilai ekspor Indonesia alami peningkatan dan Maluku termasuk provinsi yang ikut berkontribusi.

Dalam slide data yang ditampilkan saat Wamendag memberikan keynote speechnya, kinerja ekspor Maluku periode Januari-Agustus 2020 alami peningkatan 140,8 persen. “Pencapaian ini tidak bisa terwujud tanpa kerjasa keras daerah termasuk di Maluku,”tandasnya.

Sebelumnya dalam sambutannya sebelum dialog dimulai, Jerry yang mengaku baru pertama kali sambangi Maluku ini berjanji kedepannya saat kunjungan kerja ke Maluku dirinya akan membawa hal-hal yang lebh konkrit untuk kemajuan Maluku.

Sementara Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno dalam sambutannya mengatakan berharap KNPI dan OKP selalu dewasa dalam berpartipasi membangun bangsa.

Orno juga berharap kedatangan Wamedag di Ambon, Maluku ini bisa memberikan masnfaat bagi masyarakat.

Ketua DPD KNPI Maluku, Faisal Sahilatua dalam sambutannya mengatakan melalui dialog bersama yang bertepatan denganperingatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 menajdi momentum membangkitkan semangat pemuda di Maluku untuk ikut membantu Pemerintah bangkitkan ekonomi.

Pada kesempatan ini, Wamendag Jerry Sambuaga didampingi Gubernur Maluku, Barnabas Orno menyarhkan bantuan gerobak dan tenda bagi pelaku usaha UMKM di Kota Ambon secara simbolis sekaligus menyerahkan hadiah pemenang lomba pidato pelajar. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *