Warga Ambon Antusias Nyoblos, Mencari Pemimpin Mereka

by
Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya memantau pelaksanaan pemungutan suara Pilkada di sejumlah TPS di Ambon Rabu (15/2). Foto : IST

AMBON- Warga Kota Ambon sejak  Rabu (15/2) pagi mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih  pemimpin mereka lima tahun mendatang,  pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota dalam Pilkada Kota Ambon.  Warga antusias mendatangi TPS untuk menentukan pilihan mereka. Seperti di TPS 36 36 Desa Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, sejak pagi warga sudah datang memilih.

Pilkada Kota Ambon, diikuti pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota,  Richard Louhenapessy- Syarif Hadler (Paparisa Baru) dan pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota, Polly Kastanya- M.A.S. Latuconsina (PANTAS). Kedua pasangan calon ini menggunakan hak pilih mereka di lingkungan tempat tinggalnya masing – masing. Gubernur Maluku Said Assagaff bersama keluarganya mencoblos di TPS dekat kediaman gubernur, sedangkan Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya mencoblos di TPS Inaka Kaka Desa Passo.

Ketua KPU Kota Ambon Marthinus Kainama menyatakan, Pilkada Kota Ambonberjalan aman dan lancar. Sejauh ini tidak ada gangguan dalam proses pemungutan suara.   “Berdasarkan pantauan  kami di lapangan, sejauh ini  Pilkada berjalan aman lancar, tanpa gangguan apapun. Pemilih antusias mendatangi TPS untuk menggunakan hak politiknya,” kata Kainama.

KPU Kota Ambon menurut Kainama menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Kota Ambon diatas 70 persen. Daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Kota Ambon berjumlah 237.627 orang  dengan TPS  berjumlah  675 yang tersebar di lima kecamatan.  Kainama menyatakan,  warga yang tidak terdaftar bisa datang mencoblos  diatas pukul 12.00 WIT hingga dengan membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP) atau surat keterangan pengganti EKTP  dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon.

Namun Kainama menyatakan, warga  tersebut bertempat tinggal di sekitar TPS sesuai alamat di EKTP itu. Saat berita ini disusun, Penjabat Walikota bersama unsur Forkopimda Kota Ambon juga memantau pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS. (ADI)