Warga Ambon Terima Sertipikat Tanah, Termasuk GPM dan Polda Maluku

by
Dirjen Pengendalian Pemanfatan Ruang dan Pengendalian Tanah Kementerian ATR BPN, Budi Sitomorang (tengah) foto bersama dengan warga usai membagikan 156 sertipikat tanah milik warga di Aula Kanwil Kementerian ATR BPN Maluku, Selasa (19/2/2019).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah terus membagikan sertipikat tanah kepada warga, termasuk di Kota Ambon. Dirjen Pengendalian Pemanfatan Ruang dan Pengendalian Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan (BPN), Budi Sitomorang membagikan 156 sertifikat tanah milik warga Kota Ambon yang berlangsung di Aula Kanwil Kementerian ATR BPN Maluku, Selasa (19/2/2019).

Penyerahan sertipikat tanah dilakukan secara simbolis kepada warga penerima. Dari 156 sertipikat yang diserahkan itu, 153 milik warga Wayame Kecamatan Teluk Ambon, warga Mangga Dua dan Waringin Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Sendangkan dua sertipikat milik Gereja Protestan Maluku (GPM) dan satu sertipikat milik Polda Maluku yang diterima Karo SDM Polda Maluku, Kombes Pol Nanang Chadarusman. Warga penerima sertipikat ini kebanyakan warga kurang mampu.

Budi mengungkapkan sertipikat tanah yang diserahkan itu merupakan program di Tahun 2019. Proses pembuatan sertipikat tersebut berlangsung cepat mulai Januari hingga penyerahannya, Februari ini. “Kita menyerahkan sertipikat tanah untuk rakyat yang merupakan program tahun 2019. Memang dalam satu setengah bulan ini kita sudah berjalan (memproses pembuatan sertipikat) dan inilah hasil yang sudah kita lakukan dengan menyerahkan sertipikat ini,” kata Budi.

Budi juga mengungkapkan penyerahan sertipikat ini untuk menjawab penilaian publik yang menyatakan pihaknya menahan sertipikat tanah milik. “Kemarin ada  yang bilang sertipikat kita tahan, kita tunda-tunda, ini langsung kita kasihkan kepada warga yang berhak,” kata Budi. Ia minta warga untuk menggunakan sertipikat sebaik mungkin.  Warga juga diminta berhati-hati dalam menggadaikan sertipikat dan tidak digunakan untuk kebutuhan konsumtif.

Kepala Kanwil Kementerian ATR BPN Maluku Oloan Sitorus mengungkapkan, Kota Ambon menjadi daerah kedua di Maluku setelah Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang diserahkan sertipikat tanah milik warga pada 2019. Ia menyebutkan Tahun 2019 ini, pihaknya menargetkan dapat menyelesaikan 29.600 sertipikat tanah milik warga se Maluku.

Untuk mencapai target tersebut,  pihak Kanwil ATR BPN Maluku juga meminta bantuan dari pemerintah daerah di Maluku agar membantu alokasi dana  sehingga proses pembuatan sertipikat tanah milik warga  berjalan lancar. “Kita berharap tiap bulan itu ada sertipikat milik warga yang diserahkan, sehingga target penyerahan sertipikat tanah milik warga bisa tercapai hingga akhir 2019,” katanya. (ADI)