Warga Banda Efruan Puluhan Tahun Hidup Gelap Tanpa Listrik

by
Warga Desa Banda Efruan duduk menonton tayangan melalui telepon pintar lantaran tidak ada listrik yang masuk ke kampung mereka selama puluhan tahun (10/6). FOTO: Istimewa

TERASMALUKU.COM,LANGGUR,- Puluhan tahun warga Desa Banda Efruan, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Kabupaten Maluku Tenggara hidup tanpa listrik. Listrik yang jadi kebutuhan masyarakat itu jau dari kenyataan.

Seperti yang dialami 112 kepala keluarga (KK) di Banda Efruan. Mereka hanya mengandalkan penerangan seadanya. Seperti pelita dan lampu pompa.

Kondisi pemukiman warga

Padahal di desa itu sudah ada sejumlah infrastruktur penunjang. Seperti tiang listrik. Sayangnya, sejak dipasang hingga kini, tak ada aliran yang masum ke desa.

“Sudah puluhan tahun kampung kami tidak ada listrik, masyarakat sangat butuh penerangan,” keluh Ramli Madilis, warga Desa Banda Efruan Senin (10/6/2019).

 

Ramli bercerita, beberapa tahun lalu ada pemasangan tiang dan segala fasilitas penunjang untuk dialiri listrik. Namun toh masyarakat hingga kini masih menggunakan pelita.

loading...

Kalaupun ada rumah yang ‘terang’ artinya mereka memakai genset. Tak jarang untuk mendapat hiburan, warga berkumpul dan sekadar menonton tayangan melalui telepon pintar milik warga lain yang rumahnya ada listrik.

“Kami belum menikmati listrik sama sekali. Tiang dan komponen lainnya rusak karena berkarat bahkan terbengkalai,” imbuh Ramli. Warga berharap besar pemerintah kabupaten atau provinsi mau memperhatikan kondisi tersebut. (LATIF)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *