Warga Kota Ambon yang Daftar Perkawinan Hampir Tembus 200 Pasang

by
Kepala Dinas Dukcapil Kota Ambon, Selly Haurissa menyebut pendaftaran pernikahan selama dua bulan hampir tembus 200, (22/2). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Di awal tahun 2021, minat warga mendaftar perkawinan di pencatatan sipil Kota Ambon tinggi. Kepala Dinas Dukcapil Kota Ambon mencatat, pernah dalam sehari melayani hingga 24 pendaftaran nikah, Senin (22/2/2021).

Masa pandemi di Kota Ambon memang menyurutkan niat aktivitas masyarakat. Setelah ada banyak pembatasan selama 2020, di awal 2021 Disdukcapil Kota Ambon mencatat kenaikan yang besar.

Loading…

“Perkawinan di Januari sampai Februari cukup banyak. Hampir 200 pasang. Itu berarti minat tinggi,” jelas Kadisdukcapil, Selly Haurissa saat diwawancarai di Balai Kota Ambon, Senin (22/2/2021) siang.

Bila dibandingkan tahun lalu, awal tahun ini masyarakat dinilai jauh lebih leluasa beraktivitas. Dia memperkirakan tingginya minta mendaftar perkawinan merupakan rencana yang tertunda tahun lalu.

Lantaran aturan selama pandemi, barulah rencana menikah diwujudkan di 2021. “Sebenarnya minta sudah ada. Hanya karena kondisi tidak memungkinkan. Mereka menunda, makanya tahun ini banyak,” lanjut Haurissa.

Pernah sekali waktu pihaknya melayani sebanyak 24 pendaftaran perkawinan dalam sehari. Terhitung hingga pertengahan Februari 2021, sudah mendekati 200 pasang. Kondisi ini juga sebagai imbas dari pembatasan aktvitas akibat pandemi virus corona sepanjang 2020. (PRISKA BIRAHY)