Warga Kota Bersiap, Dua Jalan Ini Jadi Kawasan Tertib Lalu-lintas

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemerintah kota (Pemkot) Ambon menetapkan dua jalan sebagai Kawasan Tertib Lalu-lintas (KTL) di Ambon. Dua jalan tersebut ialan Jalan AY Patty dan Slamet Riyadi.

“Jadi dua ruas jalan ini kita tetapkan sebagai contoh yakni jalan AY Patty dan Slamet Riyadi,” kata Kepala dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (1/3/2021).

Dia mengaku, setelah dua jalan ini menjadi contoh KTL, pihaknya akan mengevaluasi lagi, dan kemungkinan besar akan menambah tiga ruas jalan sebagai KTL di Kota Ambon. Jadi total seluruh kawasan kota sudah menjadi KTL.

“kemungkinan kita akan menambah ruas KTL yakni di ruas Jalan Pattimura, Ahmad Yani dan Diponegoro, sehingga keliling kota ini sudah menjadi KTL,” kata Robby.

Robby mengatakan, penetapan KTL bertujuan agar pengemudi kendaraan tertib serta menciptakan lalu-lintas yang aman dan nyaman.

Saat ini, kata Robby, pemerintah masih melakukan sosialisasi dan menunggu peraturan Walikota (Perwali) terkait KTL di Kota Ambon.

“Kita sementara siapkan perwali tentang KTL, selain itu kita juga ada menunggu perbaikan trotoar dan drainase di sepanjang dua kawasan KTL tersebut,” ujarnya.

Dia menambahkan, setelah seluruhnya sudah siap maka pemerintah yang bekerjasama dengan pihak kepolisian langsung melakukan penindakan kepada pengemudi yang melanggar.

“Saya berharap pengemudi dapat melengkapi kendaraan dan mematuhi peraturan lalu-lintas yang ada,” kata Robby. (ALFIAN SANUSI)