Warga Lokki Terima BLT Tahap Pertama 

by
Warga Desa Lokki Kecamatan Huamual Kabupaten SBB terima bantuan langsung tunai tahap pertama sebesar Rp 600.000, (1/6). FOTO: Fadli B

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap pertama kepada masyarakat Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Senin (1/6/2020)

Bantuan bagi yang terdampak covid-19 itu diberikan penjabat Kepala Desa Lokki Kecamatan Huamual, Dimitry. Y Riry kepada masyarakat Dusun Tanah Goyang. Dia menjelaskan masyarakat penerima BLT di Desa Lokki berjumlah 413 Kepala Keluarga (KK). “BLT yang dialokasikan dari DD diperuntukan kepada 413 KK yang ada di desa Lokki dan 6 dusun petuanannya,” jelas Dimitry.

Lanjutnya, terkait jumlah dan waktu pemabgian penerima BLT diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Republik Indonesia. “Saya ingin sampaikan bahwa sesuai keputusan Menteri Keuangan Nomor 205 Tahun 2019, itu jumlah BLT yang dibagikan sebesar Rp. 600.000 per KK dan berlaku selama 3 bulan. Dan pembagian hari ini merupakan tahap pertama. Hal ini karena, dana yang baru dicairkan sebesar 15% dari pemerintah pusat,” terang Dimitry.

Loading...

Dia berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan pemerintah itu dengan baik. “Denagan adanya semua bantuan oleh pemerintah kepada masyarakat, baik berupa sembako maupun uang tunai dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dalam memenuhi kebutuhan bapak-ibu semua selama masa pandemi Covid-19 ini ” harap Dimitry, seraya mengakhiri arahannya.

Untuk diketahui, sesuai keputusan Menteri Keuangan Nomor. 20 tahun 2020, tertanggal 19 Mei 2020 menjelaskan bahwa adanya perpanjangan waktu penyaluran BLT-DD sampai dengan bulan September 2020, namun besaran nominal yang akan diterima masyarakat terdampak Covid-19 mengalami penurunan dari Rp. 600.000 per KK turun menjajdi Rp. 300.000 per KK.

Hadir mendampingi Kades Lokki dalam pembagian BLT-DD, Camat Kecamatan Huamual, Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyakat Desa Kabupaten SBB, DanposPol Sub Sektor Laala bersama anggota, Wadanpos BKO TNI Lokki bersama anggota, Babinsa  se Desa Lokki, Babhinkamtibmas Desa Lokki, dan aparat perangkat Desa Lokki. (FADLI. B)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *