Warga Maluku Bakal Nikmati Jaringan Broadband Merata

Warga Maluku Bakal Nikmati Jaringan Broadband Merata

SHARE
Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, saat memberikan keterangan pers di Ambon, Senin (13/8/2018). FOTO : PRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kesulitan sinyal, kualitas komunikasi buruk di daerah perbatasan atau daerah yang jauh sebentar lagi teratasi. Warga Maluku yang tinggal di kabupaten terjauh bakal merasakan kejernihan sinyal broadband yang sama dengan warga di ibukota. Saat ini pemeirtah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi sementara menuntaskan infrastuktur dan pemasangan kabel serat optik di laut dengan total keseluruhan 36.000 kilometer.

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara saat kunjungannya di Ambon, memastikan tahun ini pengerjaan infrastruktur rampung. “Sudah ada kapal kami yang memasang kabel laut di beberapa titik di Maluku,” jelasnya saat memberi materi terkait Manajemen Komunikasi Pemerintah di Hotel Santika Premier Ambon, Senin (13/8/2018).

Pengerjaan yang dinamai Proyek Palapa Ring itu menghubungkan 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Dengan begitu warga Indonesia dapat menikmati jaringan telekomunikasi dan internet dengan baik. Hal itu pula dapat dimanfaatkan oleh para provider yang hendak berinvestasi di bidang komunikasi.

Saat ini pengerjaan palapa ring timur ada di Maluku. Yakni dengan membentangkan kabel laut yang menghubungkan daerah Saumlaki dan sekitarnya hingga ke Papua. “Nantinya semua bisa menikmati secara merata. Bahkan yang ada di kawasan terluar atau di perbatasan,” jelasnya.

Target proyek pala ring timur yakni pemasangan kabel serat optik sepanjang total 6,878 kilometer. Terdiri dari jaringan laut sepanjang 4.426 kilometer, jaringan darat 2.452 kilometer dan microwave 59 hops. Lebih lanjut Proyek Palapa Ring Timur mencakup 2 Kabupaten di NTT, 23 kabupaten di Papua, 7 kabupaten Papua Barat dan 3 kabupaten di Maluku yang masih dalam pengerjaan.

Pengerjaan ini sebagai dukungan akselerasi pembangan melalui telekomunikasi yang merata dan tajam ke semua daerah yang ada di Indonesia. Dengan begitu kapanpun dan dimanapun pengguna jasa telekomunikasi dapat menikmati jaringan kencang broadband.(BIR)

loading...