Warga Negeri Wakal Pulau Ambon Sudah Shalat Idul Fitri

Warga Negeri Wakal Pulau Ambon Sudah Shalat Idul Fitri

SHARE
Warga Negeri Wakal Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon menggelar Shalat Idul Fitri pada Rabu (13/6/2018). Sebagian jamaah terpaksa shalat hingga ke jalan raya akibat masjid penuh dengan jamaah shalat Idul Fitri. FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Ribuan warga Negeri Wakal Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Pulau Ambon, Rabu (13/6/2018) pagi sudah menggelar Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri ini berbeda dua hari dengan pemerintah dan dilakukan setelah warga Wakal berpuasa Ramadhan selama 30 hari.

Shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Nurul Awal Wakal yang diikuti ribuan jamaah warga setempat. Karena banyaknya warga yang melaksanakan shalat, jamaah lainnya terpaksa shalat hingga di luar masjid dan memenuhi jalan raya.

Warga Wakal melaksanakan Shalat Idul Fitri berbeda dua hari dengan pemerinrah. Warga Wakal meyakini penentuan 1 Syawal telah sesuai perhitungan atau hisab yang dilakukan sejak leluhur mereka. Berdasarkam sistim hisab terun temurun, warga Wakal selalu menggenapkan puasa Ramadhan selama 30 puluh hari.

“Kita berpuasa jelas 30 hari karena perhitunganya pas dengan bulan bukan sesuai dengan kalender seperti pemerintah tapi langsung bulan nyata,” kata Ahja Suneth, seorang warga Wakal.

Meski sudah tidak berpuasa, warga Wakal tetap menghormati warga lainnya yang masih berpuasa.Usai menggelar Shalat Idul Fitri berjamaah, warga langsung berjabat tangan dan saling memaafkan diantara mereka.

Pelaksanaan shalat Idul Fitri ini berlangsung khusyu dan mendapat pengawalan personil Polsek Leihitu Polres Pulau Ambon. (IAN)