Warga Suli Temukan Granat Saat Gali Kubur

by
Warga temukan granat saat gali kubur di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (24/7). FOTO: Alfian Sanusi

TERASMALUKU.COM,AMBON- Sebuah granat jenis nanas ditemukan warga saat sedang menggali kubur dekat Jalan Raya Suli, Dusun Amatuel, Desa Suli Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (24/7/2019).

Warga yang sedang menggali itu melapor penemuan benda keras menyerupai granat kepada salah satu anggota TNI Rindam XVI Pattimura, Praka Yusuf. Usai diperiksa, benda tersebut merupakan granat aktif. Ia lantas diangkat dan ditempatkan di bawah pohon langsat tak jauh dari lubang galian.

“Setelah itu dia bergegas untuk pergi melihat benda tersebut, dan ternyata benar bahwa itu granat Jenis Nanas yang kondisinya sudah lama namun masih lengkap dengan cincin pemicunya,” kata Kasubag Polres Ambon, IPDA Julkisno Kaisupy.

Julkisno juga mengatakan, berdasarkan keterangan warga penjaga lahan Uceng (60),  granat itu ditemukan oleh warga saat hendak menggali kubur.

“Setelah menemukan benda berbahaya itu, mereka langsung mengamankannya di bawah pohon langsat yang tidak jauh dari lokasi penggalian kuburan,” ujarnya.

Tim Gegana Polda Maluku mengamankan sebuah granat dari Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (24/7/2019). FOTO : HUMAS POLRES AMBON

Personil dari Polsek Salahutu yang dipimpin oleh Kanit Polsek Salahutu Bripka Hamsi Tomasio dan empat personil Polsek langsung menuju tempat penemuan granat.

“Pukul 12.45 wit, Tim Gegana Brimob Polda Maluku yang dipimpin oleh Bripka Fredy Wattimena dan lima personil tiba di lokasi untuk mengevakuasi granat itu,” katanya.

Pukul 13.00 Wit, Tim Gegana Brimob Polda Maluku telah mengamankan granat tersebut. Saat ini kondisi telah aman dan granat itu keadaan aman terkendali. (ALFIAN SANUSI)