Waspada, Pria Juga Bisa Alami Kanker Payudara

by
sumber: dok. achc

SURABAYA – Oktober merupakan bulan peduli kanker. Terutama kanker payudara yang jadi salah satu penyebab kematian terbesar bagi perempuan. Tapi apakah kanker payudara hanya dialami perempuan.

Pria nyatanya juga rentan dan bisa alami kanker payudara. Dr. Irawati Marga, MARS,QJA,CMA, mengatakan, pria bisa alami kanker payudara meskipun kemungkinannya kecil. Itu karena kaum adampun memiliki kelenjar payudara.

“Kalau kanker payudara terjadi pada pria tentunya akan lebih cepat terlihat, karena adanya keanehan pada payudara pria akan lebih cepat nampak,” ungkap Direktur Utama RS Adi Husada Undaan Wetan ini.

itu lantaran payudara pria kecil. Jika ada benjolan atau perubahan bentuk maka lebih mudah diketahui.

“Kalau wanita kan misal ada benjolan di payudaranya, benjolan tersebut bisa sembunyi di belakang lemak atau tempat tersembunyi lainnya,” terangnya.

BACA JUGAhttps://terasmaluku.com/tiga-cara-deteksi-kanker-payudara/

Lebih lanjut, ia menjelaskan, tapi kalau pada pria terdapat benjolan atau keanehan yang mengarah ke kanker payudara akan lebih cepat terlihat karena tempatnya kecil.

Untuk mendeteksi kanker payudara pada pria, kata Irawati Marga, caranya sama dengan melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI).

loading...

“Bedanya untuk laki-laki jika ingin melakukan SADARI bisa dilakukan kapanpun, tidak seperti perempuan yang harus menunggu 7 sampai 10 hari setelah menstruasi untuk melakukan SADARI,” jelasnya.

Tambahnya, baik pada pria dan perempuan bila melakukan SADARI dan menemukan hal yang aneh pada payudaranya. Segera menghubungi dokter spesialis bedah untuk mengetahui apa penyebab dari keanehan tersebut.

Sebab, kanker payudara yang lebih cepat ditangani akan mempunyai harapan sembuh lebih tinggi dengan penangganan yang tepat.

Adi Husada Cancer Center sebagai layanan kanker terpadu dan terintregasi mempunyai layanan medis pemeriksaan medis dan tenaga medis lengkap, bila Anda ingin berkonsultasi.(ADVETORIAL)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *