Wisata Keluarga Di Pantai Rutah Berujung Duka, Dua Pelajar Tewas Setelah Perahu...

Wisata Keluarga Di Pantai Rutah Berujung Duka, Dua Pelajar Tewas Setelah Perahu Sewaan Terbalik

SHARE
Perahu yang mengangkut para wisatawan terbalik di Pantai Wisata Rutah Kecamatan Amahai Kabupaten Malteng, Minggu (10/2/2019) siang. Dua pelajar penumpang perahu ini meninggal dunia. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wisata keluarga di lokasi Pantai Wisata Negeri Rutah Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Minggu, (10/2/2019) berujung duka. Sebuah perahu berbahan fiberglass yang disewa pengunjung dari Kecamatan Waipia terbalik di lokasi Pantai Wisata Negeri Rutah sekitar pukul 12.00 WIT.

Akibat peristiwa ini dua bocah penumpang perahu tersebut meninggal dunia. Kedua korban adalah Joshua Seirpara, 8 tahun dan Aldino Pattiasina, berusia 10 tahun. Keduanya korban adalah siswa SD dan berasal dari Desa Layeni Kecamatan TNS atau Waipia Kabupaten Malteng.

“Telah terjadi peristiwa kecelakaan laut di Pantai Wisata Rutah pada Minggu siang yang menyebabkan tenggelamnya beberapa orang. Peristiwa ini mengakibatkan dua orang penumpang anak-anak  meninggal dunia,” kata Kepala Satuan Serse dan Kriminal Polres Malteng, AKB Syahrul Awab kepada wartawan, Minggu sore.

Syahrul menjelaskan korban bersama keluarga mereka yang berasal dari Desa Layeni menggunakan perahu sewaan milik Sulaiman Mahali Alias Aldi, nelayan setempat untuk berwisata di Pantai Rutah.

Perahu dengan panjang empat meter itu membawa penumpang sebanyak 15 orang mengelilingi perairan Pantai Wisata Rutah. Saat mengintari perairan Rutah  dengan jarak 150 meter dari pesisir pantai perahu tiba-tiba terbalik.

Sebagian penumpang tenggelam dan diselamatkan warga lainnya. Namun naas dua bocah penumpang perahu meninggal dunia. Dari 15 orang penumpang kebanyak anak-anak yakni, enam orang dewasa dan sisanya anak-anak yang merupakan pelajar.

“Perahu terbalik saat berbelok arah ketika mengitari laut Negeri Rutah, lokasi perahu terbalik  berjarak kurang lebih sekitar 150 meter dari pesisir pantai. Selanjutnya dilakukan pertolongan oleh warga sekitar dengan membawa para korban ke pesisir pantai,” katanya.

Adapun korban tenggelam dan selamat adalah Willy Noviati (63), Bobi Petra Imanuel (9), Ani Saraan (35), Charlis Ongerwaru (17), Ernas Sobalely (46), Lisa Malyoi (15), Dolfinus Malyoi(7), Chelsea Salli (12), Rachel Setparam (11), Patrick (25) dan David Waifitun (23).

Para korban selamat dibawa ke Puskesmas Amahai untuk mendapatkan perawatan. Korban tewas juga sempat dibawa ke Puskesmas. Diduga peristiwa ini terjadi akibat perahu kelebihan muatan.”Kami sudah mengamankan mengamankan pemilik perahu untuk dimintai keterangan,” kata Syahrul. (ANCA)

 

loading...