Wujudkan Kota Layak Huni, Sekda Maluku Launching Program KOTAKU

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Kasrul Selang melaunching Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di pantai Wainitu Ambon, Kamis (29/4/2021).

Program tersebut untuk mewujudkan kota yang layak huni dan berkelanjutan di Provinsi Maluku.

“KOTAKU harus menjadi komitmen kita bersama untuk wujudkan pemukiman yang layak huni di Maluku,” kata Kasrul kepada wartawan.

Kasrul mengatakan, untuk program ini diperlukan adanya kebijakan strategis untuk penyediaan infrastruktur kebutuhan masyarakat. Sehingga mampu meningkatkan akses pembangunan terhadap masyarakat.

“Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama, karena infrastruktur memegang peranan penting sebagai roda penggerak ekonomi di daerah,” kata Kasrul.

Menurut Kasrul, program KOTAKU ini dapat meningkatkan akses terhadap Infrastruktur dan pelayan dasar di kawasan kumuh perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Olehnya itu, lanjut Kasrul, penanganan kumuh harus relatif kompleks, tidak hanya dilakukan secars parsial. Melainkan harus dilakukan melalui penanganan secara komprehensif yang melibatkan berbagai sektor.

“Kita berharap program ini dapat diperluas pada kawasan kumuh di Maluku yang berdampak terhadap perubahan wajah kawasan secara masif,” katanya.

Kasrul menyebutkan, terdapat dua kawasan kumuh di Kota Ambon. Yakni kawasan Wainitu dan Pandan Kasturi. Dua kawasan ini nantinya akan ditata kembali menjadi pemukiman layak huni di Kota Ambon.

“Jika kawasan pemukiman tersebut bisa tertata dengan baik maka permasalahan kriminalitas bisa ditekan,” pungkasnya.

Launching program juga dihadiri Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, anggota DPRD Maluku Richard Rahabav dan sejumlah pejabat lainnya. (ALFIAN)