Yang Perlu Anda Tahu Dari Kanker Darah

by
Dok: ahcc

TERASMALUKU.COM,AMBON,  –  Anak penyanyi cantik Denada, Shakira Aurum hingga kini masih menjalani pengobatan kenker darah. Kanker darah atau leukemia ini dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Namun apa sebenarnya kanker darah dan pengobatannya.

Mengingat kanker jenis ini bisa menyerang siapa saja dan pada usia berapapun. Dokter Made Putra Sedana SpPD, KHOM, spesialis penyakit dalam di Adi Husada Cancer Center (AHCC), mengatakan penyakit ini memiliki tanda-tanda yang cukup spesifik. Yakni berupa kadar leukosit yang cenderung naik.

Namun punya perbedaan pada level keganasan. Yaitu akut dan kronis. “Leukemia akut juga disertai penurunan jumlah sel darah merah dan trombosit. Maka dari itu sering disangka terkena demam berdarah. Keduanya bisa didiagnosis lewat pemeriksaan laboratorium,” jelas Made.

Usai ada diagnosis jelas, penderita leukemia mutlak menjalani kemoterapi. Tujuannya, untuk mematikan sel darah putih berlebih agar tubuh kembali normal.

Loading...

Tahapannya, kemoterapi pertama dilaksanakan seminggu berturut-turut. “Pada tahap ini akan muncul ragam keluhan yang membikin tidak nyaman penderita,” terang Made Sedana. Seperti rasa mual dan kehilangan nafsu makan hingga kerontokan rambut.

Bila setelah 28 hari leukosit masih tinggi, kemoterapi akan diulang. Pengobatan selanjutnya yakni dengan melakukan trsansplantasi sumsum tulang belakang jika hasil tahap sebelumnya bagus.

Di sini letak kekurangannya. Biaya transplantasi yang mahal. Meski demikian masih ada pilihan lain bagi pasien. Yaitu dengan konsolidasi. “Konsolidasi, yaitu pemberian obat kemoterapi dosis tinggi selama tiga bulan,” sambungnya. Menurut Made Putra Sedana, terapi disertai pola hidup sehat serta rutin kontrol wajib dilakukan pasien kanker.

“Memang pasien tidak bisa langsung sembuh total, tapi diharapkan pasien tersebut bisa tetap beraktivitas,” tutup Made Putra Sedana. (ADVETORIAL).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *