DISHUB : Yang Tidak Punya Garasi, Jangan Beli Kendaraan

by
Kendaraan roda empat parkir paralel di Jalan AY. Patty untuk perluas kapasitas jalan (17/7). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Warga Kota Ambon yang hendak memiliki kendaraan ada baiknya berpikir kembali. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon sedang mengusulkan rancangan peraturan daerah (Perda) tentang garasi bagi tiap pemilik kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Hal itu disampaikan menyusul makin marak kendaraan yang dibiarkan parkir di badan jalan. kemacetan dan kesemrawutan pun tak bisa dihindarkan. Berkali-kali pertugas dishub melakukan aksi untuk membersihkan sejumlah ruas dari parkir liar. Namun toh, kekurangan ruang parkir mestinya jadi solusi yang dicari pemerintah.

Kepala Dishub Kota Ambon, Robby Sapulette mencari solusi lain sebagai penekan akibat pembengkakkan jumlah kendaraan. “Kami sedang siapkan perda terkait pemilik kendaraan pribadi atau angkot wajib punya garasi. Nantinya rancangan perda diajukan pada 2020,” beber Robby di ruang kerjanya, Jumat (23/8/2019).

Dalam rancangan perda itu mensyaratkan setiap warga yang hendak memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK) menunjukkan bukti kepemilikan garasi. Itu sebagai syarat utamanya.

loading...

Rencana ini sejatinya telag digaungkan Robby sejak beberapa bulan lalu.  Salah satunya dengan melihat kondisi ruas jalan di kota. Seperti banyaknya mobil pribadi dan angkutan umum diparkiri berderet di sepanjang kiri kanan jalan.

“Kami ingin cegah warga gunakan badan jalan dan mempersempit ruas jalan. Itu bisa mengganggu kendaraan lain,” terang Robby. Kondisi jalan seperti itu juga akan menggangu wajah kota terutama pada jalur-jalur utama.

Untuk itu pihaknya sementara mulai menggencarkan sosialisasi kepada warga sebelum peraturan itu disahkan.(PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *