Yoltuwu Umumkan Tujuh Nama Balon Wagub, Diantaranya Tuasikal dan Tagop

by
Yoltuwu usai mengambil formulir pendaftaran di Kantor DPD Gerindra Maluku, Sabtu (17/6). FOTO : DED (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementerian Desa dan Transmigrasi Johozua Max Yoltuwu, bakal calon (Balon) Gubernur Maluku,  mengumumkan tujuh nama Balon Wakil Gubernur (Wagub) masuk daftar survei tim pemenangnya. Dari tujuh nama tersebut, terdapat nama Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua dan Bupati Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulisa. Keduanya menjadi incaran Yoltuwu untuk berpasangan di Pillada Maluku 2018.

“Kandidat calon wakil gubernur yang kita takar untuk mendampingi saya nanti  ada tujuh nama yang akan  disurvei. Namun yang menjadi nominasi utama kami nomor satu adalah Bapak Tuasikal Abua,  Bupati Maluku Tengah. Yang kedua Pak Tagop Soulisa Bupati Buru Selatan,”kata Yoltuwu kepada wartawan usai mengambil formulir pendaftaran Balon Gubernur  di DPD  Partai Gerindra Maluku, Sabtu (17/6).

Sementara lima nama lainnya adalah Ketua DPW Partai NasDem Maluku  Hamdani Laturua, tokoh muda Maluku Tengah Isnain Nukuhali, anggota DPRD yang juga Ketua DPD Hanura Maluku  Ayu Hasanussy, mantan Wakil Bupati SBB H. La Kadir dan anggota DPRD Maluku Lutfi Sanakid dari Fraksi Gerindra.

Untuk Tuasikal dan Tagop,  menurut Yoltuwu sudah tidak asing lagi  baginya karena sudah lama membangun komunikasi terkait pembangunan masyarakat pedesaan di wilayahnya  dengan Kementerian Desa. Meski  Tagop masuk dalam bursa Balon Gubernur Maluku dan adik kandung Abua  Tuasikal,  Abdulah Tuasikal jadi ketua tim pemenangan Balon Gubernur Said Assaaff, namun menurutnya hal itu tidak ada masalah, ada jalan untuk komunikasi politik.  Selain di Gerindra, Yoltuwu sendiri sudah mendaftar di sejumlah parpol untuk maju di Pilkada Maluku, seperti PDIP, PKS dan  NasDem. (MQR/DED)