Uji Kualitas, YPPM Maluku Gelar Debat Caleg Anak Muda Tema Lintas Isu

oleh

TERASMALUKU.COM,AMBON-Sejumlah anak muda mengadu gagasan mereka dalam debat kandidat lintas isu yang digelar di Taman Pattimura Ambon, pada Sabtu (16/12/2023) sore.

Kegiatan yang digelar oleh Yayasan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Maluku (YPPM) menghadirkan Penjabat Walikota Ambon Bodewin Melkias Wattimena dengan tema debat “Inovasi dan tantangan Menelisik Kepentingan Orang Muda Dalam Pemilihan Legislatif Di Maluku”.

Lima orang caleg yang hadir memaparkan visi misi juga menjawab sejumlah pertanyaan kritis. Meski hanya lima orang, namun paparan materi dalam debat dinilai penjabat sebagai gambaran anak muda dalam membangun negeri ke depan jika terpilih.

“Kita harus memahami bahwa pemilu yang akan kita laksanakan di tahun 2024 merupakan sebuah media yang sangat penting, untuk itu kita harus memilih para calon pemimpin kita, baik itu presiden dan wakil presiden, tetapi juga para anggota legislatif mulai dari DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota yang ada di Indonesia,” ujar Penjabat Walikota Ambon usai kegiatan yang merupakan demokratic Resilience dukungan Pemerintah Australia yang dijalankan oleh the Asia Foundation melalui mitra lokal YPPM.

Wattimena mengatakan agar anak muda dapat memanfaatkan sarana demokrasi agar tercipta pemilu yang bebas, umum, rahasia, jujur dan adil.

Menurut Wattimena, debat kandidat merupakan salah satu cara agar masyarakat mengetahui mengetahui ide, gagasan para caleg. Dengan begitu dapat terukur kualitas caleg yang akan dipilih nanti.

Lanjutnya, untuk dapat mengetahui anggota legislatif yang berkualitas tidak hanya dilihat dari spanduk dan baliho. Masyarakat perlu dibeberkan dengan visi dan misi yang jelas juga ide dan inovasi untuk mensejahterakan masyarakat.

“Sebenarnya saya tidak melarang ASN untuk menghadiri kegiatan seperti ini, yang penting kita netral dan tidak menggunakan atribut partai yang menyalahi aturan yang sudah ditetapkan. Tepati kita juga ingin mendengar visi dan misi para pemimpin yang akan bertarung dalama pesta demokrasi 2024 nantinya”, tandasnya.

BACA JUGA :  Gubernur Luncurkan Pemanfaatan Database Kependudukan

Diketahui dari kelima narasumber tersebut yakni, Ketrin Wokanubun dari PDIP Dapil Ambon 1, Malik Raudhi Tuasamu, Caleg PKS Dapil Ambon 2, Debi Puspita Latuconsina, Caleg PDIP Dapil Maluku 3, Mahfud Latif, Caleg PPP Dapil Ambon 4 dan Femri Tuwanakotta, Caleg Partai Demokrat Dapil Kota Ambon 1.

Penulis: Editor

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.