Stok Vaksin Rabies Aman, Tim Siap Turun Jika Ada Laporan

oleh
Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena. FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemerintah Kota Ambon pastikan stok vaksin rabies aman dan siap diberikan kepada warga juga anjing yang teridentifikasi virus.

Hingga hari ini, Senin (29/8/2022) tim vaksinasi rabies terus mendata dan memberikan vaksin kepada warga maupun anjing di lokasi yang membutuhkan.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan, sudah ada koordinasi antara Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan Kota Ambon. Vaksin yang akan diberikan pun gratis.

“Sejak kasus ini merebak Pemkot telah ambil langkah antisipatif. Begitu ada laporan anjing yang menggigit orang, anjing di sekitar situ semua kita vaksin begitupun orangnya,” kata Bodewin usai kegiatan di ruang Vlissingen Lantai II Balai Kota Ambon, Senin (29/8/2022) siang.

Seperti kejadian sebelumnya di Siwang Ambon. Anjing yang mengigit langsung dicari. Tim memberikan vaksin kepada orang yang kena gigitan juga anjing di sekitar. Namun menurut Bodewin anjing yang menggigit lolos dan lari masuk ke hutan.

Untuk itu sebagai langkah antisipasi, tim yang ada langsung memberikan vaksin.

Terkait program vaksin gratis secara berkala, Bodewin menyatakan vaksinasi rabies berbeda dengan vaksin biasa. Laporan dari warga sangat dibutuhkan untuk kerja tim vaksin di lapangan.

“Kalau vaksin itu gratis. Hanya kan vaksin rabies ini beda dari vaksin yang lain, kalau ada laporan akan diberikan,” imbuhnya.

Dia pun menambahkan agar warga tidak perlu khawatir sebab stok vaksin aman. Warga diminta untuk kooperatif menjaga anjing peliharaannya dan rutin mengecek ke fasilitas kesehatan hewan.

Penulis : Priska Birahy

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

BACA JUGA :  Wakapolda Maluku Pimpin Sidang Kelulusan Akhir Seleksi Bintara ke Perwira Polri, Ini Jumlah Hasilnya

No More Posts Available.

No more pages to load.