Gempa Bumi Tektonik M 3.0 Guncang Ambon’

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wilayah Ambon dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Kamis (8/12/2022) pukul 17:56:16 WIT.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.0.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.7 LS dan 128.09 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat 10 km Barat Ambon pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal,” kata Cipto Kuncoro dalam siaran persnya.

Cipto mengatakan, dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Ambon II MMI. Di daerah tersebut, getaran dirasakan oleh beberapa orang.

“Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Hingga pukul 18:16 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” kata Cipto.

Editor : Hamdi

BACA JUGA :  Hati-hati! Aplikasi ini incar data pengguna android

No More Posts Available.

No more pages to load.