Arus Mudik Lebaran Terpadat di Lima Pelabuhan Kawasan Timur Indonesia

oleh
oleh
Suasana arus mudik lebaran 2024 di Pelabuhan Ambon. FOTO : RUSADY

TERASMALUKU.COM-Manajemen PT Pelindo Regional 4 menyatakan arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah atau lebaran yang terpadat terjadi di lima dari belasan pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Bercermin dari arus mudik dan balik pada periode yang sama tahun 2023, maka arus mudik tahun ini diprediksi akan dipegang lima pelabuhan yang sama seperti tahun lalu,” kata Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis di Makassar, Jumat (5/4/2024).

Berdasarkan data Pelindo Regional 4, diketahui lima pelabuhan dengan catatan jumlah arus penumpang terbanyak di momen mudik Lebaran tahun lalu adalah Pelabuhan Makassar dengan 107.875 penumpang,

Selanjutnya Pelabuhan Parepare dengan 85.733 penumpang, lalu Pelabuhan Balikpapan 82.358 penumpang, kemudian Pelabuhan Ambon sebanyak 79.596 penumpang dan Pelabuhan Ternate 66.470 penumpang.

Sementara musim mudik lebaran 2024, lanjut Azis, diprediksi 5 pelabuhan yang sama yang juga mendominasi jumlah penumpang mudik ataupun balik tahun ini.

“Kami optimistis, kelima pelabuhan itu yang kembali mendominasi jumlah penumpang mudik terbanyak,” katanya.

Sementara itu, salah seorang penumpang KM Gunung Dempo Nuramalia mengatakan, lebih awal mudik sebelum puncak, agar lebih leluasa dalam perjalanan ke kampungnya di Blitar, Jawa Timur.

Pasalnya jika saat puncak arus mudik, penumpang akan mebludak dan macet di mana-mana saat lanjut perjalanan darat setelah sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Pewarta : Suriani Mappong/Antara
Editor : Anwar Maga

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

BACA JUGA :  Buronan Kejati Maluku Tinggal Satu Orang, Ini Dia Orangnya

No More Posts Available.

No more pages to load.