Semarak Hardiknas, Manfaatkan Lahan Sekolah, Penjabat Bupati Malteng dan Dewan Guru Tanam Cabai Bareng

oleh
oleh
Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng) Rakib Sahubawa dan dewan guru menam cabai dan tomat di pekarangan sekolah di Kota Masohi, Senin (29/4/2024). FOTO : HUMAS PEMKAB MALTENG

TERASMALUKU.COM,-MASOHI-Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng) Rakib Sahubawa dan dewan guru menam cabai dan tomat di pekarangan sekolah di Kota Masohi, Senin (29/4/2024).

Penanaman komoditi ini untuk mendukung upaya pengendalian inflasi dan menjaga ketersediaan alam dan juga bahan pangan. Gerakan ini juga diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan sekolah untuk hal produktif.

“Kita tahu bersama bahwa program penanaman cabai di pekarangan ini merupakan kelanjutan yang sudah pernah dilakukan di sejumlah area perkantoran maupun di pekarangan perumahan ASN dengan tujuan untuk membantu penyediaan cabai secara berkelanjutan di tingkat rumah tangga dan mengatasi gejolak harga cabai yang terjadi di pasar,” kata Penjabat Bupati Rakib Sahubawa.

Rakib mengatakan, saat ini telah menjadi kebutuhan dunia terhadap gaya hidup yang ramah lingkungan untuk menyikapi perkembangan penurunan derajat lingkungan, terutama disebabkan banyaknya perubahan iklim, bencana banjir, polusi udara, dan lainnya.

“Oleh karena itu, kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon ini lebih kepada bagaimana memaknai kepedulian terhadap menjaga lingkungan. Rasa cinta kepada lingkungan bisa dimulai dari hal yang kecil, salah satunya dengan menanam pohon,”ujarnya.

Menurut Rakib, program penghijauan ini merupakan salah satu usaha untuk menuju suatu perubahan, yaitu agar menjadikan lingkungan di sekitar sekolah menjadi tampak hijau, asri, dan indah. Kedepannya diharapkan ini dapat membuat para siswa bisa merasa nyaman saat berada di lingkungan sekolah.

Selain itu, diharapkan juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran atau pembelajaran berbasis lingkungan agar siswa tidak merasa jenuh belajar dalam ruangan.

“Kepada seluruh guru dan tenaga pendidik, saudara-saudari sekalian, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan yang menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,”ajak Rakib.

BACA JUGA :  Upacara HUT RI Ke 73 di Lapangan Merdeka Ambon Khidmat

Rakib berharap agar pendidikan di Malteng harus terus tumbuh dan berkembang, serta mampu memberikan manfaat, layaknya sebuah pohon yang ditanam. Tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga bagi makhluk di sekitarnya.

Penulis : Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.