HUT RI Ke-78, 100 Relawan BUMN ‘KKN’ di 10 Kota

oleh

TERASMALUKU.COM, JAKARTA – Kementerian BUMN peringati Kemerdekaan 17 Agustus 2023 dengan Program Relawan Bakti BUMN Batch IV.

Kegiatan serupa KKN bagi pegawai BUMN ini digelar di sejumlah daerah termasuk di Maluku.

Yakni, Namlea-Maluku, Meunasah-Aceh, Pandeglang-Banten, Sukabumi-Jawa Barat Sragen-Jawa Tengah, Kulonprogo-DIY, Malang-Jawa Timur, Penglipuran-Bali, Lombok-NTB, dan Jayapura-Papua.

Program ini bertujuan meningkatkan jiwa kerelawanan bagi para karyawan BUMN.

Program ini serentak dilaksanakan pada 15 – 17 Agustus 2023 serta melibatkan 100 karyawan dari 54 BUMN.

Kementerian BUMN mengadakan Program Relawan Bakti BUMN Batch IV untuk meningkatkan jiwa kerelawanan bagi para karyawan BUMN.

Lokasi yang menjadi target pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini telah terlebih dahulu disurvei.

Kemudian dilakukan social mapping dan analisis atas isu-isu utama yang menjadi perhatian di masyarakat yang diselaraskan dengan Fokus Prioritas Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN yang ditetapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, yaitu Pendidikan, lingkungan dan Pengembangan UMK.

Berbagai kegiatan sosial dilaksanakan oleh para Relawan Bakti BUMN dalam berbagai bidang. i

Seperti pendidikan yaitu perbaikan sekolah dan mengajar kepada anak SD hingga SMA/SMK.

Pada bidang lingkungan berupa penanaman berbagai jenis pohon dan sosialisasi pentingnya kebersihan lingkungan maupun pengolahan sampah yang baik, serta bidang pengembangan UMK berupa perbaikan kapal nelayan hingga pelatihan kepada para UMK di masing-masing lokasi kerelawanan.

Puncak acara Program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini berupa pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 (17/08/2023) di masing-masing lokasi.

Selama kegiatan di 10 lokasi tersebut, seluruh Relawan tinggal dan menyatu di rumah warga setempat.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para Relawan dapat berinteraksi dan bersosialisasi bersama masyarakat sekitar, sehingga dapat berdiskusi langsung dengan masyarakat terkait isu sosial yang relevan dan memberikan masukan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA :  Hasil Lacak, Yang Terpapar Covid-19 Tidak Hanya Pelaku Perjalanan

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan pesannya terkait Relawan Bakti BUMN, Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK, tidak hanya di lingkungan kantor, namun juga di lingkungan masyarakat dimanapun mereka berada, sehingga Bakti BUMN dapat secara nyata dirasakan oleh masyarakat, tidak hanya melalui BUMN sebagai sebuah korporasi, namun juga dalam kontribusi langsung para Insan bumn kepada masyarakat.

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi, Tedi Bharata juga menambahkan, Kegiatan Bakti BUMN ini juga dapat memberikan dampak baik kepada perusahaan berupa peningkatan engagement karyawan kepada perusahaan sekaligus bentuk employer branding bagi perusahaan.

Para Relawan diharapkan agar terus membawa semangat kontribusi untuk masyarakat baik saat pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN hingga nanti kembali ke perusahaan masing-masing, dan terus menularkan semangat tersebut ke rekan-rekan Insan BUMN yang lain.

Partisipasi Insan BUMN yang mendaftar program ini sebanyak 8.096 orang. Berdasarkan hasil seleksi yang ketat, didapatkan 100 orang Relawan yang memiliki motivasi yang kuat untuk berkontribusi dan berbakti bagi masyarakat.

Selain 100 orang Relawan, ada 10 orang Direksi Milenial dari BUMN yang juga terlibat dan berkontribusi dalam Program tersebut.

Penulis : Priska Birahy**)

Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.