BPJS Kesehatan Cabang Ambon Gelar Optimalisasi Program Obat Kronis

oleh
oleh

ADVETORIAL-BPJS Kesehatan Cabang Ambon menggelar kegiatan Optimalisasi Program Obat Kronis Bersama Instalasai Farmasi Rumah Sakit (IFRS), Apotek Program Rujuk Balik (PRB) Mitra BPJS Kesehatan, dan Pedagang Besar Farmasi (PBF) se Pulau Ambon di Kota Ambon, Senin (16/4).

Kegiatan ini merupakan hasil tindak lanjut kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan di  beberapa Rumah Sakit bersama dengan seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Dokter Praktik Perorangan, dan Klinik Pratama se Pulau Ambon,  Februari lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk secara bersama-sama mengetahui mekanisme pemesanan obat oleh IFRS dan Apotek PRB Mitra BPJS Kesehatan se Pulau Ambon, dan untuk mengetahui mekanisme pemesanan obat secara langsung melalui Pedagang Besar Farmasi (PBF) khususnya di Provinsi Maluku.

Hadir dalam pertemuan ini, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Afliana Latumakulita, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan, Achmad Saleh Abdullah dan Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Koriandri Rante Ta’dung dari Pihak BPJS kesehatan Cabang Ambon, dan Kepala IFRS, Kepala Apotek PRB, dan Pimpinan PBF se Pulau Ambon.

Dibahas juga kendala pemesanan obat dari IFRS dalam distribusinya ke wilayah Maluku. “Kami harapkan pada kegiatan ini ditemukan win-win solution dari beberapa kendala di IFRS dan Apotek PRB khususnya terkait kekosongan beberapa item obat, sehingga kedepannya dapat juga berdampak pada peningkatan kepuasan peserta JKN-KIS dan secara otomatis dapat mengurangi jumlah keluhan masyrakat terakit kekosongan beberapa item obat di Rumah Sakit maupun di Apotek PRB Mitra BPJS Kesehatan,” ungkap Afliana Latumakulita.

Berawal dari kegiatan ini, diharapkan kedepannya ada pihak-pihak yang dapat membuka apotek PRB di beberapa kabupaten/ kota di Provinsi Maluku untuk memudahkan peserta PRB mengambil obat PRB, sehingga peserta PRB yang telah terdaftar tidak perlu lagi ke Kota Ambon untuk mengambil obat PRB. Sampai dengan saat ini Apotek PRB yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan hanya (Apotek Bhakti Rahayu, Apotek Kimia Farma Urimessing, dan Apotek Fajar Farma). (ADVETORIAL)

BACA JUGA :  Pengemudi Mabuk Tabrak Tugu Trikora Ambon Lagi

No More Posts Available.

No more pages to load.